13+10+10

October 13, 2013

13-10-2013
Alhamdulilah masih diberi kesempatan olehNYA
Untuk menjalani hidup
Smoga lilis menjadi hamba yang lebih baik
Yang menjalankan semua perintahNYA
Terima kasih ALLAH untuk smua rahmatMU
Terima kasih atas kesempatanMU
Tuk nafas ini masih berhembus
Terima kasih smua mimpi-mimpi lilis di ultah tahun lalu tlah terwujud
Mimpi sederhana umroh bersama mamak
Hal yang paling membahagian saat lilis mampu mewujudkannya
Di ultah kali ini lilis berharap smoga tahun depan
Mamak + nining bisa umroh bersama
Berawal dari mimpi…insyaallah akan terwujud
Ada satu hal yang slalu tak lupa di panjat doa
Tak lelah berdoa + berusaha
Hingga saatnya doa terjawab
Terima kasih ALLAH…
Lilis masih di izinkan menikmati hidup

Advertisements

Indahnya Kebersamaan

March 26, 2011

qta adalah pribadi yang merdeka,

tapi bukan berarti bebas berbuat apa saja,

ada aturan dan etika yang membatasi qta.

qta hidup pasti perlu bersosialisasi,

tak elok rasanya jika hidup egois tanpa mau berbagi bersama,

tanpa mendengarkan petuah sekeliling

kritikan bukan untuk lahirkan kebencian

qta di sini adalah satu keluarga

keluarga dalam satu naungan

ikatan keluarga tak hanya terbatas garis darah

ikatan keluarga ada dalam lingkungan kerja

sekian tahun kebersamaan terjalin dalam keluarga besar tempat mengabdikan diri

suka..

duka..

tawa dan canda di lewati bersama

meski terkadang

sering ada perbedaan pendapat

sering ada pertentangan dalam berbagai hal

tapi …

selalu kebersamaan atas nama keluarga besar tempat menjalankan tugas profesi mampu melebur perbedaan

menjadikan seia sekata dalam kebersamaan

sekian tahun qta bersama dalam alunan kehidupan ritme kerja

ada banyak kritik bertebaran

bukan berarti banyak permusuhan

tapi itu kritik untuk kebaikan

ada kala pertengkaran

tapi slalu berakhir dalam jabat erat perdamaian

ada berbagai angkatan dalam keluarga ini

angkatan yang tak 100 % sama dalam pola pikir

tak kurang dari 5 tahun kebersamaan berjalan

semua berjalan dalam kebersaman

berbagi cerita

berbagi kisah

berbagi uneg-uneg

masih lekat di ingatan tawa canda qta bersma

saat bersama anak menilai hasil karyanya

dan menikmatinya di ruang kelas ataupun di ruang kerja

ah… senyum ceria dan kekompakaan itu kini nyaris memudar

dulu…

qta selamu berbagi tanpa ada iri dan dengki

tanpa ada kecurangan

apa yang disajikan

apa yang terlihat

itulah yang qta nikmati bersama

tapi… kini…

kebersamaan itu sedikit memudar

oleh keegoisan segelintir orang

rasa egois menguasai

rasa memiliki merajai hati

membuta nurani untuk berbagi

ah…

aq kecewa dengan nurani yang membuta

aq kecewa dengan pola pikir yang terkontaminasi

5 tahun bersama rekan2 seprofesi

5 tahun tanpa kamuflase

hari ini mata aq terbuka

hari ini aq menyadari 1 hal

ajakan kebaikan tak selalu di tanggapi baik

hari ini aq pun menyadari satu hal

aq menikmati makan bersama rekan2 kerja dalam 1 piring makanan yang aq bawa

aq melihat ekspresi ceria saat aq bagikan pisang hijau yang aq bawakan

yang bisa di bagi pasti di bagikan

indahnya kebersamaan

merajut jalinan silaturahmi bersama rekan seprofesi

tanpa ingin menyembunyikan hal yang tak layak di sembunyikan

indahnya kebersamaan

menikmati semuanya dengan bersama

berbagi semuanya secara suka rela

qta harusnya sadar diri

dimana posisi qta

tak selamanya pengkotakan senior / pun junior terkesan negatif

kesenioran dalam hal tertentu haruslah di hargai

kejunioran dalam hal tertentu tetaplah di hargai

untuk yang junior..

jangan menutup mata untuk mengakui

jika senior memang ada kala lebih baik

untuk yang senior ..

jangan me nutup mata jika ada junior yang salah arah

rangkul dan arahkan dengan sebaiknya

jangan menjerumuskan dalam kesesatan

untuk junior…

dan jika yang senior ada yang salah arah

ingatkan lah untuk kembali ke arah yang lurus

membangun kebersamaan tak cukup dalam waktu sehari dua hari

setiap saat qta mesti menjaga kebersamaan dan tali silaturahmi

indahnya kebersamaan akan menjadikan dinamika ritme kerja semakin berwarna


sedikit kisah

February 28, 2011

ada banyak pelangi di kerjaan aq
ada banyak persepsi di kerjaan
ada banyak kepala di kerjaan
otomatis ada banyak pemikiran
semua pernah mengenyam tingkat pendidikan
semua tak lagi belia

beda pemikiran bukan hal tabu
aq malu jika aq tak ikuti aturan
aq malu jika aq ninggalin jam ngajar aq
aq takut padaNya
aq takut akan murkaNYA
DIAlah sang pemilik jiwa aq
DIALAH ALLAH dalam agama aq

aq takut dengan konsekuensi gaji aq
aq takut dengan konsekuensi profesi aq
jika aq tak melaksanakan tanggung jawab aq
setiap rupiah yang aq terima
terikat janji kewajiban tuk menjalankan kewajiban profesi aq

tak hanya mengajar
tak hanya mendidik
lebih dari sekedar itu semua
guru…
adalah panutan setiap murid-muridnya
guru adalah profesi mulia
guru tak kan lepas dari hisab akhirat

guru…
ini pofesi aq
ini nadi pundi2 hidup aq dan rekan2 seprofesi
ada jabatan di kehidupan kerjaan aq
tak melulu guru mata pelajaran
tak hanya wali kelas
tapi juga ada jabatan wakil kepala sekolah
jabatan…
bukan hanya sekedar formalitas
tapi banyak tanggung jawab di dalamnya

qta bukan lagi kanak-kanak
tak perlu merajuk
ataupun mendendam
jika qta di ingatkan
perbedaan prinsip bukan alasan
perbedaan pandangan bukan alasan
tuk qta saling berjauh2han
tuk qta saling berdiam

mari tanya isi hati
mari renungkan diri
mari intropeksi diri
sebelum saling membenci
sebelum saling mencaci

jika qta sesuci embun pagi
jika qta sesuci bayi baru lahir
jika qta 100 % tak salah
bolehlah berbangga diri di hadapaNYa
DIA ALLAH di agama aq

aq bukan pecundang
aq tak suka menjilat
jika aq tak suka
aq pasti bicara dengan lantang
sepanjang itu adalah fakta dan kenyataan

malu aq jika mengada-ada
malu aq jika berdusta
pantang bagi aq bicara tanpa fakta

ini profesi aq
ini dunia kerja aq
di sini masa depan anak murid aq berada
untuk di asah dan di asuh

aq adalah aq
aq dengan segala cara aq
tuk menjadikan pendidikan yang di amanahkan ke aq menjadi lebih baik

aq mencintai profesi aq
aq mencintai kerjaan aq
aq menghargai rekan2 kerja aq dengan cara aq
menyentuh lembut
mengingatkan jika ada yang berbelok
begitupun aq jika tak lurus
ingatkanlah aq
dengan aturan dan sesuai jalur

mari qta songsong masa depan pendidikan menjandi lebih cemerlang


gado-gado PB2010

October 24, 2010

setiap orang pasti punya alasan khusus untuk datang ke pb2010 tanggal 30 oktober ntar.
setiap orang pun pasti punya alasan kenapa tak menghadiri pb2010
bagi lilis….
pb2010 adalah perhelatan yang wajib di hadiri
karena itu adalah satu diantara mimpi manis lilis selama ini
ada banyak hal yang membuat pb2010 layak di kejar
tapi cukup dua alasan utama pemacu semangat
lilis ga punyak banyak alasan khusus untuk menghadiri perhelatan tersebut.
hanya ada 2 alasannya, yaitu :
1. agar bisa ketemu si kumis bawah enda nasution si bapak blogger *pertemuan ke2* dan menagih janji nia (@nsadjarwo)
2. agar bisa ketemu dengan teman2 dunia kata yang selama ini di kenal lewat tulisan + foto aja

aq pengen berfoto dengan bunda endhoot super women di kampung gadjah
aq pengen ketemu warga kampung gadjah
si kumis atas, si kumis lele, pakerte, perancang kawos handal kampung gadjah si lantip *jk mereka hadir*
aq pengen bersua si pito + starchie lagi meski hanya ber say helo tak apa lah *jk mereka hadir*

aq pengen ketemu lagi dengan rara + ssetiawan
ssetiawan…orang yang berhasil membuat aq tertipu di dunia kata
aq tertipu namanya
aq pikir cowok
ga taunya pas kemaren ketemu di banjarbaru dia adalah perempuan tulen
perempuan langsing berambut panjang dengan semangat tinggi *kondisi ga fit tetep ajah ikut mini pb*
bagi aq… ssetiawan sosok baru bahkan cenderung misterius
aq ga bisa menelusuri dunia katanya

aq pun pengen bisa ngobrol bareng rara lagi
rara yang baru sekali aq bersua di banjarbaru
membuat aq kangen akan gaya bicaranya dan tingkah polahnya
rara si dokter gigi kampung gadjah
sang nahkoda wanita pertama di event bergengsi kebanggaan penggiat dunia kata
rara dengan semangat 45 nya membawa kapal mendekati pelabuhan terakhir
menuju akhir perjalanan menjelajah setiap lautan kata
merangkai asa dunia pendidikan menuju era baru
menyebar pesona kata ke 10 kota
menyebar semangat berbagi lewat untaian kata
rara…. temen dunia kata yang membuat aq kaget saat pertama bersua
pic bertopinya lah yang membuat aq terkecoh

intinya aq pengen banget ketemu semua warga kampung gadjah
yang aq ga ingat satu persatu nama + potonya serta karakter dunia katanya
yang aq paling ingat dari kampung gadjah hanya si kumis bawah + bunda endhoot

aq pun pengen bersua dengan temen2 dunia kata dari blog detik seperti si fanabis, eyang anjari, anny, easy, julie, hes, teman2 blogfam si indahjuli, dan laen2nya yang lagi2 lilis ga bisa mengingat satu persatu *lilis pelupa*
ada beberapa temen2 dunia kata yang lilis kenal lewat kata, yang lilis bener2 pengen ketemu di perhelatan tersebut, tapi ketemu atau tidaknya ntar pas acara lilis ga bisa memprediksi, lilis ga tau mereka semua hadir atau tidak. andai mereka semua hadir pun lilis ga tau juga apakah mereka berkenan klo ketemu lilis.

jauh2 hari lilis tlah merencanakan mewujud mimpi manis lilis
meski tiket tlah di tangan
waktu tlah disusun
ternyata ada2 ajah hal yang tak terduga
tiket yang tlah di beli terpaksa di majukan sehari untuk kepulangan usai pb2010, demi kompetensi profesi
izin demi menaati aturan hinga detik ini belum dalam genggaman
tapi….
apapun yang terjadi lilis tlah bertekad bulat mewujudkan itu mimpi-mimpi manis lilis

kepergian kali ini pun satu paket dengan rencana aq
satu rencana diantara sekian mimpi manis aq

aq ingin bersua dengan dua nita
2 nita yang sama2 hebat
1. nita nya si kumis bawah enda yaitu nita yuanita mama nya gaga *istri idola aq*
2. nita si penulis 100 kata yaitu nitasellya
dua nita yang begitu membuat aq pengen kenal di dunia nyata dan ingin berfoto bareng
ada seorang lagi yang juga pengen aq bisa bersua dengannya adalah dengan si venustweets
sosok misterius ke dua bagi aq
misterius karena aq ga banyak tau tentangnya

meski jalan berliku untuk mewujudkannya, lilis yakin hal tersebut akan mampu tuk lilis wujudkannya.
kawan2 tentunya juga pengen hadir di pb2010 kan? ntar qta ketemu ya di sana…
sebelum ke sana tolong tinggalin alesan kamu di blog lilis, kenapa kamu hadir di pb2010 *jk berkenan*

di dunia kata qta mengenal
di dunia kata qta bertegur sapa
di dunia kata qta bercanda dan tertawa
di dunia kata qta saling menghargai
di dunia kata qta berkawan
di dunia kata qta bercerita

dan
kini….
di dunia nyata ….
qta hampir saling berjumpa
tuk jabat tangan
tuk bercengkrama secara nyata

meski ada sedikit terbersit ketakutan
meski ada sedikit ke kwatiran
aq takut nyasar menuju dunia nyata di luar borneo *aq ga pernah*
aq kwatir menjadi yang terasing di gemerlapnya pesta
aq kwatir merepotkan orang2 yang aq kenal kerana ketidak tauan aq
ada beberapa hal yang aq sungkan bertanya
kwatir tercap ga mandiri *keinget ucapan seseorang*
kwatir beda sudut pandang lagi

ah… di ujung jalan menuju mimpi manis aq
semakin ga karuan rasa aq
aq tau pasti
aq akan nekad pergi mewujudkannya
tapi…
aq pun harus mencoba mengikuti aturan, meminta izin resmi institusi t4 aq mengabdi jadi penerus umar bakri
surat sakti nita yuanita versi onlen tlah di tangan *via pos blum nyampe*
semoga itu mampu membuka jalan melurus aturan
tersisa 2 hari *25 + 26* tuk menaati aturan institusi
Tuhan….
jangan kau izinkan badai memporak porandakan mimpi manis aq


kecewa

June 3, 2010

aq bukan manusia sempurna, tapi seingat aq, aq slalu membantu tak kala teman dlm kesulitan. Dengan suka rela aq slalu belain untuk membantu. Tapi aq sungguh ga mengira begini balesannya, tak kala aq bener2 perlu bantuan kok ya terkesan di persulit. Sungguh aq ga ngira begini jadinya. Sakit hati aq di perlakukan bgitu. Begitu ga menghargai banget sich dengan teman.


semua itu perlu

July 26, 2009

sebuah kesuksesan salah satunya berkat dari kerja keras dan disiplin.
disiplin itu perlu ketegasan dan dibumbui sikap keras. disiplin ga semua pihak memahaminya. menegakkan disiplin perlu ketabahan hati dan keuletan. meski terkadang harus menghadapi resiko ga di senangi. yang jelas semua disiplin dan sikap keras adalah untuk membentuk sikap dan perbuatan yang lebih baik dari sebelumnya.


Raport

December 18, 2008

Hal paling di nanti tiap akhir semester oleh tiap siswa/i adalah raport. Raport begitu arti coz di situ tertera smua nilai pelajaran slama 1 semester. Dulu saat lilis sekolah menanti raport di tangan adalah hal menegangkan. Berbalut kecemasan berdoa tiada putus semoga jerih payah belajar tak mengecewakan. Kini saat lilis jadi guru lilis tetep di liputi ketegangan dan kecemasan nasip anak murid, sebagai guru juga wali kelas lilis berharap nilai mata pelajaran smua anak didik baik. Rasa bangga menyelimuti hati jika melihat tak ada nilai merah di rapopt. Menulis rapopt adalah hal menyenangkan jika nilai anak baik, tapi jika jelek aduh…mesti memikirkan cara terbaik agar semester yang akan datang anak tsb bisa memperoleh nilai baik. Memikir teknik mengajar agar anak mengerti pelajaran. Tgl 20 adalah pembagian rapopt. Aduh… Lilis degdeg an jadi ga sabar pengen liat ekspres siswa/i saat terima rapopt. Tawa gembira mereka adalah bukti keberhasilan pengajaran tapi kegagalan mereka adalah pemacu agar pengajaran yang lilis berikan lebih baik lagi.