b.riam – palangka- banjarmasin

June 27, 2010

sabtu 19 juni kemaren adalah saat pembagian raport untuk anak murid aq, dan minggu 20 juni 2010 pagi aq dan adik aq nining berangkat dari balai riam ke palangka raya bermotor. ke palangka adalah tujuan liburan kami kali ini sekaligus menjenguk sibungsu (adek q) yang masih kuliah. sungguh ga aq kira ternyata perjalanan kali ini di luar perkiraan. kami perkirakan jam 7 an malam udah nyampe palngka. eh ternyata jam 10 malam kami baru nyampe. itu semua gegara jalan dari balai riam menuju kabupaten lamandau ada perbaikan jembatan dan jalan. jalannya tanah liat jadi becek licin banget, trus ada 4 jembatan yang putus yang masih diperbaikin, sebgai gantinya hanya di pasang papan 2-3 keping di atas jembatan, aduh sungguh ngeri banget kalo inget. 2 jembatan mampu di laluin nining sendirian tapi 2 jembatan kami minta bantuan orang lain tuk nyeberanginnya. sungguh2 hampir patah semangat saat itu. alhamdulilah derita itu mampu kamu lewatin hingga nyampelah kami di palangka. ratusan kilo meter selama perjalanan itu aq hanya duduk manis di goncengin nining, coz dianya ga mau diajak gantian. salut bgt aq ama nining dia mampu menempuh perjalanan itu tanpa mau digantiin sama sekali. dalah hati scih aq ngeri juga coz perjalanan jauh menembus hutan belantara kan bikin deg2deggan juga. belum lagi kalo ada apa2 dengan motor. syukur alhamdulilah semua baik2 saja. ga da gangguan selama perjalanan kemaren.
b.riam – palangka bukan perjalanan pertama yang kami lakukan, ini udah 4 ato ke 6 kalinya kalo aq ga salah inget, dan kali ini adalah kali ke 2 perjalanan yang jalannya sulit banget.
liburan seminggu telah berlalu, dan selama di palangka aq dan ning kebetulan ikut diklat pendidik, jadi belum bener2 bisa menikmatin liburan dengan sesungguhnya. hari ini adalh hari pertama libur tanpa mikir kerjaan lagi.
besok aq berencana mo ke banjarmasin (kalimantan Selatan) bermotor dengan nining, itu semua untuk mewujud mimpi manis aq tuk keliling kalimantan berhonda. jika besok kami sanggup melaksanakan mimpi tsb, maka liburan yang akan datang mungkin aq akan ke pontianak dan samarinda. semoga aja mimpi manis aq terwujud.
aq punya mimpi manis
dan aq yakin suatu saat pasti semua mimpi2 manis aq akan terwujud 🙂

*semangat susu coklat*

Advertisements

hepi b’day kalteng

May 23, 2010

hari ini 23 Mei 2010
propinsi Kalimantan Tengah merayakan ulang tahunnya yang ke 53
hari ini tepat 53 tahun usia propinsi Kalimantan Tengah
23 Mei 1957
sebagai warga yang tinggal di propinsi ini
aq hanya bisa mengucapkan “Selamat Ulang Tahun proprinsi Kalimantan Tengah”
semoga propinsi ini mampu mengejar ketertinggalannya dari propinsi laennya
semoga propinsi ini kian maju di segala bidang 🙂


Festival Budaya Isen Mulang 2010 (FBIM)

May 21, 2010

aq ga ingat pasti kapan mulainya *belum mencari tau* yang aq ingat sich kabupaten Sukamara baru 3 kali ini ikut serta. FBIM adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi kota palangkaraya *klo ga salah inget* yang ke 53. FBIM dilaksanakan untuk memperkenalkan adat istiadat dan budaya kalimantan tengah. pada FBIM kali ini aq berkesempatan ikutan rombongan dari Kabupaten Sukamara *penggembira* untuk menyaksikan secara langsung acara tahunan tersebut.
FBIM kali ini berlangsung dari tanggal 19 – 25 mei 2010. dengan berbagai lomba yang diadakan.
lomba2 tsb adalah :
1. lomba tari tradisional ( tari pedalaman & tari pesisir)
2. lomba karungut (karungut dapat di andalkan sebagai sarana menyampaikan pesan pembangaunan)
3. lomba mangenta (masakan berbahan dasar beras ketan)
4. lomba pakasak lamang (masakan berbahan dasar beras ketan yang dimasak dalam bambu)
5. lomba pakasak panginan tradisional kalteng (masakan & penganan tradisional kalteng)
6. lomba mangaruhi / maloto (menagkap ikan dengan tangan kosong)
7. lomba maneweng, Manetek, dan manyila kayu (memotong kayu, membelah mengggunakan beliung)
8. lomba sepak sawut (sepak bola api)
9. lomba jukung hias (perahu tradisional kalteng)
10. lomba besei kambei (mengayuh menggunakan 1 jukung dengan arah berlawanan)
11. lomba jukung tradisional
12. lomba balogo (permainan tradisional)
13. lomba bagasing / Habayang (permainan tradisonal)
14. lomba manyipet / menyumpit (menympit)
15. lomba Maruntih uwei (membersihkan rotan) *lilis tulis ulang berdasarkan data dari Disbudpar prov. Kalteng*

aq ga begitu ahli dech menyusun tulisan yang ok yuk menyampaikan tentang FBIM. yang pasti lilis tulis ini dengan tulus hati :). coz… hanya sebagai penggembira makanya sekarang jadi ada waktu posting, karna hujan lilis ga ikutan ngasih semangat ke tim Sukamara. kemaren udah berdiri berjama2 demi pembukaan & pawai pekan budaya. makanya pagi ini lilis milih ngenet ajah dech 🙂


Ke palangka q kembali…

March 26, 2009

Lama sudah lilis ga menginjakkan kaki ke kota cantik (cantik slogan kota palangkaraya). Pelatihan tenaga pendidik angkatan pertama ini, (23 -24 maret) membuat lilis bernostalgia tentang masa2 kuliah dulu. Palangka raya kota kenangan coz sebagian kisah hidup lilis dalam menggapai cita2 ada di sini. Meski ga bisa berlama2 dan ga bisa keliling kota cantik. Lilis cukup senang tlah bisa menginjakkan kaki kembali ke kota palangka raya.


The and…

December 19, 2008

Kisah itu tlah berakhir, tawa canda ceria, mimpi merenda masa depan tlah terbang melayang. Kini kembali q lewati hari tanpa ada lagi “dia” di sisi. Jalan qta memang tak seia sekata. Trimakasih untuk semua kebersamaan qta meski sesaat lewat untaian kata. Meski ga lagi bersama, qta tetap bisa menjadi sahabat. Yach menjadi sahabat adalah hal terbaik menurut lilis, lilis ga pengen jurang permusuhan terbentang di antara qta. Qta tak jodoh, jadi jangan sesali perpisahan ini. Tuhan pasti tlah mengatur rencana terbaik dalam hidup qta. Tuhan kuatkan lilis hadapi perpisahan ini, pertemukan lilis dengan jodoh lilis.


Jawa gambut…

February 6, 2006

itu sebutan untuk orang jawa yang ada di Palangka Raya

Lis juga ga tau asal mulanya itu sebutan

trus kenapa kok hanya orang2 jawa aja yang dapat sebutan itu

padahal di Palangka Raya juga banyak lho orang dari daerah yang laen

tapi….hanya orang2 dari suku jawa ajah yang dapat sebutan itu

orang seperti Lis inilah yang juga di sebut jawa gambut…

orang jawa yang ga tau jawanya

gitu mereka menyebut…

orang jawa yang menghabisakan waktu di kalimantan

orang jawa yang di besarkan di kalimantan

orang jawa yang ga ngerti bahasa jawa

kira2 gitu dech ….

jawa gambut…

itu sebutan yang udah biasa di berikan ke orang2 jawa yang ada di Palangka Raya

bahkan juga oleh orang jawa ke pada orang jawa

biasanya sich sebutan itu di ucapin klo saat di ajak ngomong jawa

si orang jawa ini ga bisa ngomong jawa

eh…

malah ngomong pake bahasa indonesia ato malah bahasa lokal…

jujur….

meski Lis orang jawa

Lis ga ngerti bahasa jawa secara keseluruhan

Lis ngertinya juga bahasa yang kasar ajah itu juga beberapa kata aja…

Lis bersyukur bgt bisa ngerti bahasa jawa meski beberapa patah kata

temen Lis malah ada lho yang ga ngerti bahasa jawa sama sekali

padahal dia orang jawa

mungkin hal ini karna suasana di lingkungan t4 tinggalnya ga ada yang mempergunakan bahasa jawa…

wajah orang jawa… itu memiiki ciri khas tertentu

yang ngebedain dengan penduduk asli kalimantan dan suku2 yang laen…

bila orang ngeliat Lis

mereka pasti akan tau klo Lis orang jawa

tapi….

klo di ajak ngomong pake bahasa jawa

pasti dech akan Lis balas pake bahasa lokal Palangka Raya (bahasa banjar)

dan….

akibatnya Lis di ledekin “JAWA GAMBUT”

meski menetap di kalimantan Lis selalu ingat kok Lis ini orang jawa…

Lis juga pengen banget.. bisa berkunjung ke daerah ortu Lis….

ketemu ama orang2 jawa yang bener2 tinggal di jawa…

mungkin ….

suatu saat nanti hal itu akan terwujud…

jawa gambut….

hanyalah sebutan….

yang memiliki sejuta makna…

yang selalu ngingatin Lis dengan suku jawa


t4 tiNggal aq

January 12, 2006

Lis tinggal di kota ini udah cukup lama meski ga sampe separo dari umur Lis. paling ga sekarang kota ini udah jadi kota di mana Lis akan menghabiskan sisa waktu Lis tuk hari2 ke depan. Kota ini adalah saksi perjalanan Lis dalam mengejar impian di kampus biru. dan suratan hidup Lis akhirnya mengharuskan Lis tuk bertahan lebih lama lagi tinggal di kota ini dan meninggalkan desa kecil di pedalaman kalimantan di mana semua keluarga Lis tinggal. Desa t4 Lis melewati masa kecil dari SD – SMU. Begitu banyak kenangan yang tak akan terlupakan. hal itulah pula yang dulu sempet membuat Lis tuk enggan tinggal lebih lama di kota Palangka Raya ini. Lis rindu kampung halaman… rindu akan semua yang ada di kampung halaman.
Palangka Raya ibu kota Kalimantan Tengah ….

orang luar kalimantan sering ga tau keberadaan kota ini. mereka lebih kenal Samarinda, Banjarmasin, Balik Papan dari pada Palangka Raya. sering Lis cape ngejelasin satu persatu ke beberapa temen dunia kata yang Lis kenal. abis mereka ga ngerti juga sich klo Palangka raya itu ibu kota Kalimantan Tengah.

meski orang luar Kalimantan sering ga tau tentang keberadaan kota ini, Lis bangga bgt dengan kota ini. Kota Palangka Raya kota yang paling tenang bin nyaman tuk di jadikan t4 tinggal. meski ini ibu kota provinsi tapi ga ada dech kata “macet” dalam lalu lintas di jalan, ga pernah ada kata kekurangan air bersih, kriminalitas juga ga banyak2 amat seperti di kota2 laen. pokoknya kota t4 tinggal Lis ini kota yang nyaman bgt menurut Lis.

Di kota Palangka Raya ini Lis meraih impian di kampus biru dan akhirnya Lis juga kan mengabdikan diri Lis di almamater tercinta kebanggaaan masyarakat Kalimantan Tengah ini.
sebenernya ada banyak hal yang pengen Lis tulis tentang kota t4 tinggal Lis. tapi untuk saat ini itu aja dulu ah….. ntar klo masih ada kesempatan Lis akan nulis lagi. tapi…. tentunya dengan gaya penulisan suka-suka Lis.