#BN2011 di mata aq *27-28*

November 6, 2011

ga nyangka lilis bisa hadir di acara Blogger Nusantara, pertama dengar tentang acara tsb dari rahma, awalnya sih ragu untuk hadir, tapi akhirnya memutuskan untuk hadir *perjuangan banget krna berkaitan dgn kerjaan*
bulan oktober bulan yang isimewa di hidup lilis, di bulan ini ada satu hari di mana lilis pertama menghirup udara dunia, di bulan ini kali ke dua lilis ketemu si kumis bawah enda nasution pada PB2010.
postingan kali ini lilis ga akan menulis panjang lebar tentang perjuangan ke #BN2011 *perjuangan tsb mirip dgn perjuangan saat ke pb2010 dan itu udh pernah di posting*
bagi lilis pesta blogger + blogger nusantara sama pentingnya untuk di hadiri karna ada keragaman + keakraaban di sana *trgantung individu memandangnya* karena itu akan lilis abadikan smua hal dalam rangkaian kata versi lilis.

26-27 bulan sepuluh
perjalanan menuju #BN 2011

26 oktober pagi,usai mengurus kewajiban kerja, memulai perjalanan 1,5 jam perjalanan bermotor menuju pelabuhan spit, 1,5 jam bersepit menuju kota, dan jam 4 sore menuju kota cantik, jam 3 pagi tgl 27 baru nyampe kota cantik palangka raya. Jam 8 pagi meluncur ke bandara dan menanti jam 11.50 baru menuju Surabaya. alhamdulilah lion air ga delay, jadi sesuai jadwal lilis nyampe bandara juanda. hal yang membuat tenang adalah karena ada panitia BN yang akan menjemput, kalo ga ada yg jemput ga kebayang betapa paniknya lilis karena lilis punya pengalaman ga nyengenin tentang jatim.
urusan jemput menjemput ini awalnya juga ga begitu meyakinkan, panitia ga janji kerana lilis hanya sendiri, sebenarnya jika peta yg ada di google map itu ga membingungkan bagi lilis, jika tarif transfortasinya jelas, lilis ga bakalan juga panik. Kabar gembira akhirnya lilis terima, lilis akan di jemput tapi dengan satu catatan lilis mesti bersabar menunggu rombongan dari Medan dan Manado.
saat seperti ini bermanfaat banget yang namanaya HP, berkat hape bisa saling sms dan telpon dgn panitia. BN Bair itu nama yang rahma berikan ke lilis untuk di tanya2 info saat lilis nyampe di juanda. Andre adalah orang yang di tugaskan untuk menjemput lilis + rombongan medan + manado. Andre orangnya ramah banget, ga nyangka panitian #BN2011 begitu baik dalam menyambut. Dengan keramahan pula andre menyampaikan bawah lilis mesti nungggu rombongan tsb datang jam 15.00 ntar. 2 jam bukan waktu yang pendek, kami berpisah untuk ntar ktemu kembali di pintu kedatangan penumpang *dekat rm. Padang* andre nganter lilis ke A+W untuk makan siang, dan dia akan mengurus beberapa hal berkaitan dengan penjemputan ini. Setelah muter2 di juanda untuk membunuh waktu, jelang jam 15.00 lilis kmbali ke tempat yang tlah di sepakati, dan di kenalkan dengan 1 panitia lagi *ga ingat namanya* Jam 15.00 tlah lewat tapi tak ada tanda2 rombongan medan dan manado terlihat, hp ga aktif, padahal pesawat tlah mendarat. Mreka bingung lilis pun bingung *msti brapa lama lagi di juanda padahal lilis udh cape*. Teman andre udh bawa kertas brtuliskan blogger nusantara tapi dari tadi lilis perhatikan hanya di gulung aja, sepertinya enggan untuk memampangnya dan bergaya seperti penjemput lainnya. Akhirnya lilis usulkan gimana jika qta berpencar untuk menunggu rombongan tsb sambil membawa kertas tsb. Lilis dan andre nunggu di pojok satunya, teman andre tetap di tempat semula dan dengan rada malu2 memegang kertas tsb. Yang datang pertama menyambangi lilis dan andre adalah rombongan dari manado, alamak sombong bgt orangnya *kesan pertama, belakangan br tau orangnya ramah* berbaju biru , dan dia crita hp nya ga da sinyal karena pake axis,temennya bsok datangnya *klo ga salah ingat* karena melihat tulisan yang di pegang andre maka dia tau kalo itulah panitia yang menjemputnya. Di sudut lain panitia teman andre juga tlah brsama rombongan dari medan smua laki2 *8 orang*
tak ada perkenalan mendetail rombongan. Ada 2 mobil jemputan, lilis 1 mobil dgn 5 orang dari medan, yang ga mudah di lupain adalah sulit gerak spanjang perjalanan juanda – sidoarjo coz 1 orang yg dkat lilis ukurannya di atas rata2 normal meski ga bebas gerak tapi perjalanan jadi menyenangkan mereka ramah dan spanjang jalan tak henti bercerita antar sesama.
Dari andre pulalah lilis baru tau kalo juanda itu termasuk wilayah sidoarjo bukan surabaya *geografi lilis ga da yg tersisa*
ga ingat brapa lama perjalanan yang jelas tau2nya udah nyampe di depan GOR. “kita udah nyampe” kata andre, lilis kaget, lho kok di bawa ke tempat beginian, untuk apa ke sini, pertanyaan itu terjawablah sudah pas lilis masuk ke dalam gor, terlihat ruangan masih berantakan, bantal, kasur menumpuk di beberapa tempat, ada beberapa panitia duduk, yang pertama berdiri cewek “ini dari medan ya? Selamat datang ” *belakangan baru tau mbk mubarika namanya* lilis bilang “mereka dari medan + manado, lilis dari palangka raya”. Salam2 an dgn bbrapa panitia tapi ga ingat namanya, ada panitia yang bilang persiapan belum selesai, perempuan ntar tidur di belakang *ruang bersekat*. Setau lilis rombongan yang di jemput tadi adalah rombongan pertama yang dari luar jawa. Begitu nyampe GOR rombongan pisah ngurus diri sndiri, panitia pun sibuk sndiri. Lilis tinggalkan tas, mengitari ruangan bntar trus melangkah keluar GOR *Ga tau mo ngapain di dalam* di pintu masuk berpapasan dengan Andre dan di kenalin dgn gempurmedia *baru datang dan berboncengan dgn bapak beruban* salaman bentar coz gempurmedia trlihat sibuk banget, muter2 skitar GOR dan berakhir di kolam renang sembari nunggu sore,
magrib tiba saat mo sholat berjamaah ke masjid + tanya panitia trnyata yang sholat di sana laki-laki smua, ga jadi dech berjamaah. Magrib berlalu, batere lowbet dan colokan ga ada trpaksa pake colokan dkat kamar mandi, oh ya hampir terlupa tadi smpat ngobrol bentar dengan gempurmedia dan lilis tanya yang mana sich yang namanya suryaden? Slama ini kenal hanya di dunia kata aja, pas di beritau lilis kaget tranyata beda jauh dengan pic yang ada di twitternya, suryaden aslinya trlihat lebih tua. Kami bertegur sapa bentar dan kembali ke aktifitas masing2. Lilis mulai trbiasa dgn ruangan GOR, di sini pulalah untuk kali pertama lilis ktemu dgn rahma, kami ngborl bentar dan asyik dgn dunia masing2. Malam trus beranjak rombongan yang datang selanjutnya adalah dari kalimantan selatan dan dari daerah lain *ga ingat*. Malam ini kali pertama tidur bak pengungsi. Karna pertama datang, lilis jadi saksi saat panitia sibuk nyusun bantal+kasur + merangkai colokan. Malam ini pulahlah kali pertama ktmu yang namanya anjari *prtama kenal di blog detik* kesan pertama ktmu anjari trnyata lebih putih dari fotonya tapi rada angkuh *eyang teman2 blogdetik nyapa, tp lilis lbih suka panggil nama * ada acara potong tumpeng dan makan bersama panitia + peserta demi kesuksesan acara besok. Stelah ngobrol beberapa saat, kami kembali ke aktifitas masing2. Rasanya sulit banget untuk tidur banyak nyamuk, akhirnya jalan kaki keluar nyari autan barulah bisa tidur.

sisi positif panitia hari ini : menyediakan tim penjemput yang ramah
sisi negatif : tidak ada panitia yang khusus menemani blogger yang udah datang, yang siap di tanya info, yang siap membantu, acara semegah BN2011 di H-1 masih terlihat betapa tidak siapnya panitia dgn ruangan + kelengkapannya, colokan belum di siapkan, pusat informasi tidak ada. Jadi qta blogger yang datang tidak tau kmana msti brtanya blogger dari mana aja yang tlah datang, jika perlu apa2 jadi bingung msti kmana mencari. Tidak ada perkenalan panitia *hanya usai potong tumpeng perkenalan nama tanpa jabatan kepanitiaan*

28 bulan sepuluh
jam 4 udah bangun udh ga bisa tidur, antri ambil wudhu + mandi, hari ini hari pertama bn2011, lilis ga mau melewatkan satu acarapun. Mentari malu2 memunculkan diri, dan rata-rata perempuan udah pada mandi udh selesai dandan jauh sblm jam 7 pagi. Lilis sengaja ga nyari sarapan duluan coz kwatir jika ntar dapat jatah sarapan ga ke makan kan mubazir *ga mau di bilang ga sopan ga menghargai pemberian panitia* jam hampir mendekati jam 8, tapi ga ada sinyal dapat jatah sarapan, lilis dan yang lainnya akhirnya jalan kaki bersama menuju sun city hotel dan berpikir mungkin sarapannya udah di siapin di sana. Tapi trnyata salah, di sana yang ada hanyalah antrian ngambil tanda peserta. Kecewa dech. Satu persatu acara di mulai, dengan menahan pedih lapar *ga biasa ga sarapan* berharap gegara hal ini ga kena maaq. Sbenarnya bisa aja ninggalin acara bentar dan membeli makanan sndiri, tapi lilis enggan meninggalkan acara, terlalu sayang untuk melewatkan setiap detik acara. Lilis + eka *blogger banjarmasin* + rahma *blogger maros tp pindah kerja ke palangkaraya* sama2 menahan pedih lapar, pembukaan bn2011 molor dari jadwal seharusnya, ga tau kenapa, panitia pun ga ngasih konfirmasi, salutnya sbagian besar tetap duduk manis *mungkin karena ini acara pertama* akhirnya jam stengah 10 acara pembukaan di mulai, bupati sidoarjo langsung yang membuka acara, banyak hal yang di ungkapnya baik tntang sidoarjo + blog + blogger *jadi brtanya2 siapa konseptor pidatonya* setelah acara seremonial selesai *tarian +sambutan2* pembawa acara memberitaukan acara di lanjutkan setelah sholat jumat, dan di tayangkanlah slide 3 lokasi masjid. Makan siang akan di berikan ntar usai sholat jumat. Peserta meninggalkan ruangan, lilis + eka + rahma memilih mencari gerai es teler 77. Udah terlanjur memesan, dan bener2 kecewa di buatnya es telernya ga seperti biasanya, banyak es batu nya aja, pelayanannya pun judes.pengen sich sgera meluncur mencari restoran cepat saji sesuai selera, tapi lagi2 kami enggan ntar ga bisa menikmati suasana makan bareng 1000 blogger lainnya.
Tiba saat makan siang, trnyata msti bawa tanda peserta untuk bukti pengambilan makanan, hal yang aneh bagi lilis, ga percayaan banget panitia dgan para peserta, asyiknya jadi ada seni tersendiri mengantri makananan + menikmatinya di tengah 1000 blogger. Usai istirahat adalah saatnya pembicara dari XL, Penn Olson, Blibli.com, industri digital, bergantian memaparkan materi masing2. Jujur bagi lilis ga bgitu menarik materinya, materi tsb trlalu berorientasi mengejar materi, ga begitu paham juga lilis. Tapi tetep aja lilis duduk manis hingga acara usai coz aura bn2011 yang beda membuat enggan tuk beranjak. Klo ga salah inget ada ishoma di sela2nya ada satu kotak kue lagi. Acara usai jam 5 an, dan antri mandi + colokan di gor kembali terjadi. Malam harinya ada acara mimbar bebas, awalnya lilis juga ga tau itu acara ngapain, stlah makan malam usai, acara tsb di mulai, di pandu lutfi blogger jogja, acara berlangsung, blogger laki2 yang pertama ngisi mimbar bebas *ga ingat nama + asalnya* kata mc blogger boleh berbagi apa aja, makanya mski dgn malu + ragu akhirnya lilis memutuskan ikut berbagi, malu bgt kalo ingat saat itu, kosakata lilis belibet, alur ceritanya ga teratur, sound systemnya ga ok jd rada samar2 suara lilis. Saat itu lilis ga mikir tanggapan blogger lainnya. Yang jelas lilis berusaha untuk meramaikan mimbar bebas. Stelah lilis tampil msh byk lagi penampil lainnya, tapi yang paling berkesan adalah saat karel anderson dari blogdetik tampil. Gila abis gaya + critanya, lilis udah lama kenal blognya dan baca postingannya, tapi ga pernah nyangka jika aslinya segila itu kelakuannya. Ada juga kuis dari XL berhadiah bantal tp lilis hanya bisa gigit jari coz yang berhasil dapet si nhie + blogger lainnya, dan juga kuis dari IDBN brhadiah jobreviw tp lilis ga tertarik mengikutinya. Hari ini memberikan kebahagian trsendiri karena ktmu untuk kali ketiga dgn rara, kali kedua dengan nhie, ntans, ipul_ *anak2 AM*, bunda julie, yulianbjm + anak2 kayuh baimbai dan blogger2 lainnya. *ga cukup jika di sebut satu persatu* secara keseluruhan acara hari ini sukses mski masih ada di sana sini yang tidak sejalan *pandangan tiap individu berbeda*

sisi positif hari ini : target 1000 orang hadir terlampaui *ga yakin bener2 blogger asli* lilis berani berucap kerana rata2 stiap kursi di ruangan ada isinya smua.
Sisi negatif di mata lilis : jika ga ada jatah sarapan harusnya panitia menginformasikan lebih awal ke peserta, *ga hanya grup lilis trnyata yg blm sarapan pagi tadi* jangan terlalu kaku dgn sistem bagi2 makanan, dari pada nasi + kue berlebih dan di bw kembali ke gor lebih baik di sumbangkan ke panti asuhan bgitu jam makan usai, agar ga basi dan terbuang percuma, di bawa ke Gor juga sia2 kerana panitia ga memberitaukan penghuni gor bahwa makanan tsb bisa di ambil bagi yang berminat. Ini hari resmi bn2011 tapi panitia tetap ga mengadakan perkenalan / minimal memberikan info jumlah panitia inti/volenter dan bagian2 apa aja jd qta tau msti mencari siapa jika qta perlu info,dan apa ciri khas antar mereka, jujur sulit banget membedakan panitia dan tugas yang di embannya, harusnya kan antar panitia ada ciri khas khususnya. BN2011 dimulai tepat tgl 28 di mana tgl 28 adalah hari sumpah pemuda, tapi knapa ga ada nuansa yang kental tentang peringatan hari tsb? Hanya segelintir orang yang di pilih untuk tabur bunga di makam pahlawan, dan tidak ada lagi kegiatan di aula yang mencerminkan tentang sumpah pemuda. Awalnya lilis pikir akan ada kegiatan yang lebih dari skedar tabur bunga.

Tulisan spanjang ini adalah pendapat pribadi lilis tentang bn2011 di tanggal 27 – 28, bukan di tujukan untuk mendeskriditkan pihak tertentu, tapi agar pelaksananan yang akan datang panitianya bisa lebih memperhatikan hal2 kecil tsb. Terima kasih panitia bn2011 atas kerja keras kalian acara hari ini terlaksana * crita bn2011 tgl 29 – 30 msh dlm proses*

Advertisements