katamu katanya kataku

July 12, 2007

katamu bEgini
katanya begitu
kataku iNi & itu sama aja
ini ga beDa dgn yang itu
kamu & diA sudah bicara
biarkan waktu yang membuktikan kata
mimpi ini akan temukan arahnya


warga terciNta

July 11, 2007

saat lilis nulis betapa pengennya lilis mendapatkan foto & tanda tangan enda

berbagai respon lilis terima

ada yang mendukung

ada yang suka rela ngebuat banner ( klo lilis ga salah ucap) dukungan tuk lilis

ada yang dengan sadar memasang baner tersebut di blog mereka masing2

mereka adalah si saylow, lutpi & didats yang lilis tau dengan pasti

lilis ingat si didat pake s yang ngebuat itu banner

hari ini aq temukan treet di kampung

yang yang di buat Ananda judulnya Donasi untuk “Wujudkan Mimpi Lilis”

lilis ga tau mesti bilang apa

lilis hanya bisa 🙂 dan ngreply jika ada yang nulis klo mimpi lilis itu rada gimana gitu

apapun maksud penulisan treet itu

lilis senang banget

selama ini warga kampung gajah perhatian dengan lilis

mereka mendukung lilis tuk dapatkan foto & tanda tangan enda

terima kasih warga kampung gadjah

terima kasih karna kalian begitu baik dengan lilis

terima kasih …. 🙂 *tulus*

lilis ga sabar pengen banget mewujudkan mimpi ketemu idola lilis

🙂


umar bakri negri ini…. seberapa peduli anda?

July 10, 2007

Umar bakri… ah aq teringat selalu lagu Iwan Fals itu, sore dan pagi tadi kembali aq menyaksikan para ‘umar bakri” dari Jatim yang ke Jakarta demi memperjuangkan anggaran pendidikan agar segera terrealisasi sebagai mana mestinya. Bukan hanya memperjuangkan kemajuan dunia pendidikan tapi juga memperjuangkan nasip guru. kesejahteraan bagi guru, itu yang di perjuangkan. Beberapa hari yang lalu, aq pun menyaksikan berita di TV yang membahas tentang guru yang udah 17 tahun menghonor tapi belum juga di angkat jadi pegawai negri. 17 tahun jadi guru dengan gaji yang kecil ( berapa nominalnya lilis lupa) yang pasti demi tetep menjaga kelangsungan hidup keluarga dan membiayai sekolah anaknya. Dia melakukan 3 pekerjaan sekaligus dalam  sehari, ya mengajar, ya membuka tambal ban dan menjadi tukang becak.

Air mata ini menetes… menetes… berderai tak tertahan nasip guru dari dulu hingga kini selalu aja di garis kemiskinan, jikapun ada yang hidup mapan itupun pasti hanya segelintir orang ajah. Di negri ini begitu banyak orang pinter…Di negri ini begitu banyak yang menduduki posisi penting di pemerintahan, tapi untuk membuat keputusan agar dunia pendidikan maju dan agar kesejahtraan guru meningkat. Mereka selalu aja memilik 1001 alasan. Entah sampai kapan mimpi hidup layak agar sebanding dengan profesi lainnya itu bisa terwujud.

Semua orang di negri ini yang kini telah hidup dengan nyaman dari segi ekonomi, mereka seolah tiada peduli dengan nasip orang yang dulu mengajarinya membaca, dengan orang yang dulu mengajarinya menulis dan berhitung, orang yang dulu mencurahkan semua daya & upaya agar sang anak menjadi pintar & mengerti. Mereka lupa…. Tanpa guru tak akan mungkin mereka menjadi seperti sekarang ini…

Aq sedih… aq selalu ingat berita2 di tv menjelang HARDIKNAS tahun ini, kemaren dulu itu. Begitu banyak tayangan berita di tv yang mengangkat kehidupan serba kekurangan dari guru. Guru selalu di tuntut untuk menjadi teladan, guru selalu di tuntut untuk menjalankan tugas dengan profesional. Meski keadaan ekonomi menghimpit jiwa para umar bakri terus berjuang mencerdaskan anak bangsa. Tapi…. Guru juga manusia biasa…guru bukan robot …. kehidupan  yang serba sulit di zaman yang seperti ini membuat beban hidup guru kian bertambah.

Ada banyak guru yang masih berstatus ‘Honda” honor daerah, honor sekolah, honor  yayasan, dan honor2 laennya. Ada yang sebulan hanya di gaji 200 ribu aja. Bayangkan dengan duit yang segitu banyaknya, dengan biaya hidup yang tinggi. Mau menjadi seperti apa guru? Guru mesti berjibaku dengan waktu… guru mesti memutar otak, memeras tenaga demi menyambung hidup….

Guru PNS yang notabene adalah pegawai negri hidupnya pun tak lantas bergelimang harta. Hidupnya pun mesti kencengin ikat pinggang, dengan gaji yang tak lebih banyak dari guru honor… merekapun mesti pinter2 membagi waktu & keuangan agar hidup ini bisa terus berlanjut. Gaji 1 bulan yang hanya beberapa ratus ribu itu tak tersisa sedikitpun… apa lagi yang mesti di tabung… biaya hidup makin lama makin tinggi, keperluan sosial di lingkungan tempat tinggal ga mungkin di cuek bebekin. Qta mesti peduli dengan lingkungan.

Karna umar bakri adalah pangilan hati.. karna umar bakri adalah pilihan profesi, karma umar bakri adalah kehidupan yang sudah di jalani, maka umar bakri terus membaktikan diri demi mencerdaskan anak negri. Tak peduli bagaimanapun keadaannya umar bakri di negri ini terus berupaya maksimal untuk yang terbaik bagi anak didiknya.

Terkadang aq merasa iri…. Dan teriak dalam hati…

Aq iri kenapa dirut bin pimpinan BUMN gajinnys berkali2 lipat gaji presiden

Tapi ribuan guru di negri ini hidup dalam garis kemiskinan

Kenapa sistem pemberian gaji di negri ini begitu tak adilnya?

Di satu sisi orang hidup bergelimang harta

Di sisi lain orang hidup sengsara

Kenapa negri ini tak peduli nasip umar bakri

Kenapa orang2 dunia nyata & dunia kata jarang yang peduli dengan umar bakri?

Begitu ada artis yang cerai ato apapun tentang artis maka rame2 semua orang baik dunia kata ato pun dunia nyata menyebar luaskan

Begitu ada politikus terlibat skandal …

Begitu ada info IT tercangih ato apapun itu semua orang teriak bersama membahas dengan semangat 45

Tapi…

Begitu ada guru yang berdemo menuntut kesejahteraan

Begitu ada yang guru yang merangkap jadi tukang becak

Begitu ada guru yang gajinya hanya 200 ribu perbulan

Begitu ada guru yang ngontrak di rumah kecil yang ga layak huni

Semua diam…

Semua seolah ga mendegar

Berita di tv di anggap angin lalu “toh itu bukan aq yang ngalamin” mungkin hal tersebut yang hinggap di benaknya

Semua tutup mata & telinga

Hanya segelintir yang peduli

Hanya segelintir yang bicara

Hanya segelintir yang bertindak

Ah

Mungkin mimpi ini terlalu muluk

Mimpi melihat guru di negri ini hidup sejajar dengan profesi lainnya

Mimpi melihat guru di negri ini hidup tanpa mesti menjadi tukang becak & tukang tambal ban

Mimpi melihat guru di negri ini hidup dengan senyum ceria tanpa beban ekonomi

Kamukah itu yang peduli nasip guru?

Kamukah itu yang peduli dunia pendidikan negri ini?

Kamukan itu yang menjadi pendukung sejati umar bakri?

Kamukah itu yang selalu ingat jasa umar bakri?

 

 

 


aq bErani Nanya enDa

July 9, 2007

ini hal yang seharusnya mudah

dan ga bikin susah

tapi kenapa sampai detik ini

lilis ga berani juga ngomong

enda … boleh tidak lilis minta foto & tanda tangan asli dari enda

hanya ngomong gitu ajah

sampai sekarang lilis ga juga berani

edan deh bener2 edan

hal yang mudah begitu ajah kok jadi sulit…

harusnya kan lilis bisa langsung ngomong ke idola lilis

lewat YM ato email ato di kampung kan bisa ajah

tapi itu dia lilis masih ga berani

mo ngomong satu deret kata itu ajah sulit bgt

tapi hari ini lilis kan nanya langsung deh

coz lilis kan mo pulkam

jadi sebelum pulkam paling tidak lilis bisa tau mimpi lilis dapat foto & tanda tangan enda bisa jadi kenyataan gitu…

pokoknya lilis mesti semangat …..

temen2 kan udah ada yang mendukung

masa sih lilis ga berani juga

hari ini lilis mesti bicara …

demi foto & tanda tangan idola lilis

🙂


aq takut jarum suntik

July 9, 2007

dari malam minggu kemaren

ini aq punya badan dah ngerasa ga nyaman

sore sabtu

aq dah ngerasa ga enak badan

badan terasa panas bin demam

mata berkunang2 ga tau deh gejala apaan

aq cuek bebek

ntar juga sembuh sendiri itu pikirku

abis mandi sore, aq terus ajah berbaring sambil nonton Tv

mencoba untuk pejamkan ini mata

tapi ga bisa juga

kepala jadi makin pusing

pengen deh rasanya aq minum ajah obat ditur biar aq bisa cepet bobo

di tengah rasa yang ga kauran ini

tiba ada sms masuk

” mbak.. lagi dimana, kok lama bgt sih liburan di palangka? aq lagi di sampit nih, senin ntar aq ikut tes guru bantu, qta chat mbak yuk… ”

aduh… mesti jawab apa nih..

mau lilis tolak , rasa ga enak coz dah lama ga cerita2 bareng

ini kan kesempatan langka bisa chat baraeng ama adik tingkat

lagian kasian dech klo di tolak

senin kan dia tes… paling tidak memberi semangat gitu agar dia senang bin semangat

meski dengan kondisi badan yang rada ga ok

aq paksain diri tuk melangkah ke warnet malam2

dia kan hanya minta 1 jam ajah

santo aq biasa nyebut namanya, ini orang adik tingkat aq waktu kuliah

meski beda 3 tahun umurnya ama aq tapi aq & dia biasa curhat tentaang apapun

perbedaan usia , perbedaan tempat tinggal ga menghalangi tali silaturahmi kami

meski ga bisa tiap hari sms/telpon yang pasti tali komunikasi antara qta tetep ajah terjalin

aq nganggep dia seperti adek aq sendiri

makanya permintaan dia aq agar bisa chat malam itu ga bisa aq tolak..

tau ga…

pulang dari chat aq menggigil tapi juga kepanasan ga tau deh ini sakit apa

aq ga mau ke dokter…. meski adek aq maksain

aq bilang ajah ntr juga baik sendiri tenang ajah

semalaman aq ga bisa bobo

nahan sakit yang luar biasa

aq hanya minum ‘parasetamol’ penurun panas

syukurlah tengah malam rada mendingan ga panas2 bener’

jadi gara2 sakit mendadak itu

praktis hari minggu aq habisakn di tempat tidur ajah

aq ga bisa beraktifitas

rencana jalan2 keliling kota palangka pun aq batalkan

sore hari tiba2 satu penyakit datang lagi….

aq kena diare… tak terhitung dech berapa kali aq mesti ke “belakang”

meski udah begitu aq tetep ajah ga mau ke dokter

aq ga mau….

aq takut jarum suntik…. aq takut di suntik

ga tau kenapa saat udah dewasa seperti ini aq malah takut banget ama jarum suntik

pagi ini…. karna diare aq ga kunjung sembuh

akhirnya dengan keberanian yang tersisa

aq langkahkan kaki tu berobat

pertanyaan pertama yang aq ajukan adalah

“dok ga di suntik kan don? bisa kan minum obat ajah?’

alhamdulilah setelah di diagnosa

aq ga di suntik , aq hanya di beri obat2 ajah tuk aq minum

alhamdulilah kataku …. aq ga di suntik

gara2 sakit ini aq mesti beristirahat beberapa saat

aq ga jadi pulkam tagal 11 ini

pulkam terpaksa aq undur dulu paling lambat tanggal 14 aq dah di rumah

coz tanggal 16 aq mesti ngajar

aq jadi malu sendiri

padahal klo di depan anak2 yang lagi sakit

aq selalu bilang di suntik itu ga sakit kok

kamu mau sembuh ato tidak?

klo mau sembuh yach jangan takut dong ama jarum suntik…

yach di depan anak2 aq ga boleh terlihat takut ama jarum suntik

aq mesti menjadi seseorang yang mendekati sempurna

padamu Tuhan aq bermohon

padamu Tuhan aq berdoa

semoga penyakit ini cepat berlalu dari hidup lilis


10 hal yang sebaiknya dilakukan jika ketemu enda

July 6, 2007

mohon saran

apa yang sebaiknya di lakukan jika lilis ketemu idola lilis enda sikumis bawah

yang pasti minta tanda tangan & foto secara langsung itu jika bener2 ketemu enda

dan karena sekarang hanya bisa liat2 ajah di dunia kata

alias ketemu di dunia kata

ups… ga bertegur sapa sich coz lilis kan takut bgt gitu…

takut salah ngomong

lilis ini kan ga pinter

jadi daripada salah ngomong mendingan lilis 🙂 ajah

trus ngumpulin keberanian dech agar ga takut lagi

lilis punya impian jika ketemu enda lilis akan melakukan 10 hal

yang paling lilis inginkan sich yach tanda tangan &  foto enda itu…

yang laennya masih difikirkan

yang jelas kan hal-hal yang beretika gitu…

jadi sekali lagi tolong dong… beri saran bin masukan ke lilis…

ntr lilis buatin susu coklat spesial dech untuk yang bantuin lilis

🙂


aq ga berani nanya enda

July 5, 2007

ini hari ke 5 lilis bicara di dunia kata

lilis begitu ingin memiliki foto & tanda tangan enda asli

berbagai komentar

berbagai saran bin sedikit celaan dah di ucapin oleh beberapa temen2 dunia kata

tapi…

saran dari bunda agar lilis meminta langsung ke enda

lilis ga berani

sumpah dech lilis ga berani

sampai kapanpun tetep aja ga berani

lilis heran juga dengan diri lilis

masa sich ngomong ke enda aja ga berani

tapi..

ya itu dia lilis ga berani

padahal sich klo di liat sikumis bawah itu ga seserem hantu jeruk purut

tapi ga tau kenapa pokoknya lilis ga berani bunda… jika di suruh minta langsung foto & tanda tangan enda…

sejak chat terakhir ama bunda lilis dah pengen coba nanya ke enda

lilis dah siapin kata2 yang rada pas bin resmi gitu

tapi hasil akhirnya lilis jadi bingung semua kata yang lilis buat kok rasanya ga pas gitu

intinya gini nih ” enda, lilis ini ngefans banget dengan enda, dari dulu hinggi kini, boleh ya lilis minta foto & tanda tangan asli dari enda, lilis tunggu lho foto bertanda tangannya?”

tapi kembang pembuka bin penutup kata itu lho lilis ga tau. ntar klo nanya gitu di bilang ga sopan lagi..

di bilang kampungan lagi…

di bilang bego lagi…

bisa2 tanda tangan & foto enda malah ga dapat..

sampai hari ini sejak lilis nulis di blog & bikin treet tentang keinginan lilis itu

jujur lilis masih belum yakin dech

apa enda itu bener2 mau di mintai foto & tanda tangannya

apa enda itu mau meluangkan waktu untuk tanda tangan gitu..

abis sepertinya enda alergi banget dech dengan lilis

dengan semangat susu coklat lilis akan terus berjuang dech….

untuk ngedapetin foto & tanda tangan enda

meski ada yang komentar ” ada-ada ajah” lilis ga peduli dech

ngefans dengan enda kan ga dosa

ngefans dengan enda kan ga haram

ngefans dengan enda kan bukan hal yang memalukan

terima kasih tuk semua yang udah memberi dukungan

agar mimpi sederhana ini nyata…

coz….. untuk datang dan ketemu enda langsung itu rasanya ga mungkin dech…

ketemu enda itu mimpi pasti lilis

tapi

kapan..

dan

di mana…

itu yang ga pasti

karna ga kan mungkin ada kesempatan…

aq bener2 ga berani nanya ke enda

aq ga berani …

sungguh dech aq ga berani…

gimana caranya agar aq berani?

gimana caranya agar cepet dapat foto & tanda angan enda yang asli?