#BN2011 di mata aq *27-28*

November 6, 2011

ga nyangka lilis bisa hadir di acara Blogger Nusantara, pertama dengar tentang acara tsb dari rahma, awalnya sih ragu untuk hadir, tapi akhirnya memutuskan untuk hadir *perjuangan banget krna berkaitan dgn kerjaan*
bulan oktober bulan yang isimewa di hidup lilis, di bulan ini ada satu hari di mana lilis pertama menghirup udara dunia, di bulan ini kali ke dua lilis ketemu si kumis bawah enda nasution pada PB2010.
postingan kali ini lilis ga akan menulis panjang lebar tentang perjuangan ke #BN2011 *perjuangan tsb mirip dgn perjuangan saat ke pb2010 dan itu udh pernah di posting*
bagi lilis pesta blogger + blogger nusantara sama pentingnya untuk di hadiri karna ada keragaman + keakraaban di sana *trgantung individu memandangnya* karena itu akan lilis abadikan smua hal dalam rangkaian kata versi lilis.

26-27 bulan sepuluh
perjalanan menuju #BN 2011

26 oktober pagi,usai mengurus kewajiban kerja, memulai perjalanan 1,5 jam perjalanan bermotor menuju pelabuhan spit, 1,5 jam bersepit menuju kota, dan jam 4 sore menuju kota cantik, jam 3 pagi tgl 27 baru nyampe kota cantik palangka raya. Jam 8 pagi meluncur ke bandara dan menanti jam 11.50 baru menuju Surabaya. alhamdulilah lion air ga delay, jadi sesuai jadwal lilis nyampe bandara juanda. hal yang membuat tenang adalah karena ada panitia BN yang akan menjemput, kalo ga ada yg jemput ga kebayang betapa paniknya lilis karena lilis punya pengalaman ga nyengenin tentang jatim.
urusan jemput menjemput ini awalnya juga ga begitu meyakinkan, panitia ga janji kerana lilis hanya sendiri, sebenarnya jika peta yg ada di google map itu ga membingungkan bagi lilis, jika tarif transfortasinya jelas, lilis ga bakalan juga panik. Kabar gembira akhirnya lilis terima, lilis akan di jemput tapi dengan satu catatan lilis mesti bersabar menunggu rombongan dari Medan dan Manado.
saat seperti ini bermanfaat banget yang namanaya HP, berkat hape bisa saling sms dan telpon dgn panitia. BN Bair itu nama yang rahma berikan ke lilis untuk di tanya2 info saat lilis nyampe di juanda. Andre adalah orang yang di tugaskan untuk menjemput lilis + rombongan medan + manado. Andre orangnya ramah banget, ga nyangka panitian #BN2011 begitu baik dalam menyambut. Dengan keramahan pula andre menyampaikan bawah lilis mesti nungggu rombongan tsb datang jam 15.00 ntar. 2 jam bukan waktu yang pendek, kami berpisah untuk ntar ktemu kembali di pintu kedatangan penumpang *dekat rm. Padang* andre nganter lilis ke A+W untuk makan siang, dan dia akan mengurus beberapa hal berkaitan dengan penjemputan ini. Setelah muter2 di juanda untuk membunuh waktu, jelang jam 15.00 lilis kmbali ke tempat yang tlah di sepakati, dan di kenalkan dengan 1 panitia lagi *ga ingat namanya* Jam 15.00 tlah lewat tapi tak ada tanda2 rombongan medan dan manado terlihat, hp ga aktif, padahal pesawat tlah mendarat. Mreka bingung lilis pun bingung *msti brapa lama lagi di juanda padahal lilis udh cape*. Teman andre udh bawa kertas brtuliskan blogger nusantara tapi dari tadi lilis perhatikan hanya di gulung aja, sepertinya enggan untuk memampangnya dan bergaya seperti penjemput lainnya. Akhirnya lilis usulkan gimana jika qta berpencar untuk menunggu rombongan tsb sambil membawa kertas tsb. Lilis dan andre nunggu di pojok satunya, teman andre tetap di tempat semula dan dengan rada malu2 memegang kertas tsb. Yang datang pertama menyambangi lilis dan andre adalah rombongan dari manado, alamak sombong bgt orangnya *kesan pertama, belakangan br tau orangnya ramah* berbaju biru , dan dia crita hp nya ga da sinyal karena pake axis,temennya bsok datangnya *klo ga salah ingat* karena melihat tulisan yang di pegang andre maka dia tau kalo itulah panitia yang menjemputnya. Di sudut lain panitia teman andre juga tlah brsama rombongan dari medan smua laki2 *8 orang*
tak ada perkenalan mendetail rombongan. Ada 2 mobil jemputan, lilis 1 mobil dgn 5 orang dari medan, yang ga mudah di lupain adalah sulit gerak spanjang perjalanan juanda – sidoarjo coz 1 orang yg dkat lilis ukurannya di atas rata2 normal meski ga bebas gerak tapi perjalanan jadi menyenangkan mereka ramah dan spanjang jalan tak henti bercerita antar sesama.
Dari andre pulalah lilis baru tau kalo juanda itu termasuk wilayah sidoarjo bukan surabaya *geografi lilis ga da yg tersisa*
ga ingat brapa lama perjalanan yang jelas tau2nya udah nyampe di depan GOR. “kita udah nyampe” kata andre, lilis kaget, lho kok di bawa ke tempat beginian, untuk apa ke sini, pertanyaan itu terjawablah sudah pas lilis masuk ke dalam gor, terlihat ruangan masih berantakan, bantal, kasur menumpuk di beberapa tempat, ada beberapa panitia duduk, yang pertama berdiri cewek “ini dari medan ya? Selamat datang ” *belakangan baru tau mbk mubarika namanya* lilis bilang “mereka dari medan + manado, lilis dari palangka raya”. Salam2 an dgn bbrapa panitia tapi ga ingat namanya, ada panitia yang bilang persiapan belum selesai, perempuan ntar tidur di belakang *ruang bersekat*. Setau lilis rombongan yang di jemput tadi adalah rombongan pertama yang dari luar jawa. Begitu nyampe GOR rombongan pisah ngurus diri sndiri, panitia pun sibuk sndiri. Lilis tinggalkan tas, mengitari ruangan bntar trus melangkah keluar GOR *Ga tau mo ngapain di dalam* di pintu masuk berpapasan dengan Andre dan di kenalin dgn gempurmedia *baru datang dan berboncengan dgn bapak beruban* salaman bentar coz gempurmedia trlihat sibuk banget, muter2 skitar GOR dan berakhir di kolam renang sembari nunggu sore,
magrib tiba saat mo sholat berjamaah ke masjid + tanya panitia trnyata yang sholat di sana laki-laki smua, ga jadi dech berjamaah. Magrib berlalu, batere lowbet dan colokan ga ada trpaksa pake colokan dkat kamar mandi, oh ya hampir terlupa tadi smpat ngobrol bentar dengan gempurmedia dan lilis tanya yang mana sich yang namanya suryaden? Slama ini kenal hanya di dunia kata aja, pas di beritau lilis kaget tranyata beda jauh dengan pic yang ada di twitternya, suryaden aslinya trlihat lebih tua. Kami bertegur sapa bentar dan kembali ke aktifitas masing2. Lilis mulai trbiasa dgn ruangan GOR, di sini pulalah untuk kali pertama lilis ktemu dgn rahma, kami ngborl bentar dan asyik dgn dunia masing2. Malam trus beranjak rombongan yang datang selanjutnya adalah dari kalimantan selatan dan dari daerah lain *ga ingat*. Malam ini kali pertama tidur bak pengungsi. Karna pertama datang, lilis jadi saksi saat panitia sibuk nyusun bantal+kasur + merangkai colokan. Malam ini pulahlah kali pertama ktmu yang namanya anjari *prtama kenal di blog detik* kesan pertama ktmu anjari trnyata lebih putih dari fotonya tapi rada angkuh *eyang teman2 blogdetik nyapa, tp lilis lbih suka panggil nama * ada acara potong tumpeng dan makan bersama panitia + peserta demi kesuksesan acara besok. Stelah ngobrol beberapa saat, kami kembali ke aktifitas masing2. Rasanya sulit banget untuk tidur banyak nyamuk, akhirnya jalan kaki keluar nyari autan barulah bisa tidur.

sisi positif panitia hari ini : menyediakan tim penjemput yang ramah
sisi negatif : tidak ada panitia yang khusus menemani blogger yang udah datang, yang siap di tanya info, yang siap membantu, acara semegah BN2011 di H-1 masih terlihat betapa tidak siapnya panitia dgn ruangan + kelengkapannya, colokan belum di siapkan, pusat informasi tidak ada. Jadi qta blogger yang datang tidak tau kmana msti brtanya blogger dari mana aja yang tlah datang, jika perlu apa2 jadi bingung msti kmana mencari. Tidak ada perkenalan panitia *hanya usai potong tumpeng perkenalan nama tanpa jabatan kepanitiaan*

28 bulan sepuluh
jam 4 udah bangun udh ga bisa tidur, antri ambil wudhu + mandi, hari ini hari pertama bn2011, lilis ga mau melewatkan satu acarapun. Mentari malu2 memunculkan diri, dan rata-rata perempuan udah pada mandi udh selesai dandan jauh sblm jam 7 pagi. Lilis sengaja ga nyari sarapan duluan coz kwatir jika ntar dapat jatah sarapan ga ke makan kan mubazir *ga mau di bilang ga sopan ga menghargai pemberian panitia* jam hampir mendekati jam 8, tapi ga ada sinyal dapat jatah sarapan, lilis dan yang lainnya akhirnya jalan kaki bersama menuju sun city hotel dan berpikir mungkin sarapannya udah di siapin di sana. Tapi trnyata salah, di sana yang ada hanyalah antrian ngambil tanda peserta. Kecewa dech. Satu persatu acara di mulai, dengan menahan pedih lapar *ga biasa ga sarapan* berharap gegara hal ini ga kena maaq. Sbenarnya bisa aja ninggalin acara bentar dan membeli makanan sndiri, tapi lilis enggan meninggalkan acara, terlalu sayang untuk melewatkan setiap detik acara. Lilis + eka *blogger banjarmasin* + rahma *blogger maros tp pindah kerja ke palangkaraya* sama2 menahan pedih lapar, pembukaan bn2011 molor dari jadwal seharusnya, ga tau kenapa, panitia pun ga ngasih konfirmasi, salutnya sbagian besar tetap duduk manis *mungkin karena ini acara pertama* akhirnya jam stengah 10 acara pembukaan di mulai, bupati sidoarjo langsung yang membuka acara, banyak hal yang di ungkapnya baik tntang sidoarjo + blog + blogger *jadi brtanya2 siapa konseptor pidatonya* setelah acara seremonial selesai *tarian +sambutan2* pembawa acara memberitaukan acara di lanjutkan setelah sholat jumat, dan di tayangkanlah slide 3 lokasi masjid. Makan siang akan di berikan ntar usai sholat jumat. Peserta meninggalkan ruangan, lilis + eka + rahma memilih mencari gerai es teler 77. Udah terlanjur memesan, dan bener2 kecewa di buatnya es telernya ga seperti biasanya, banyak es batu nya aja, pelayanannya pun judes.pengen sich sgera meluncur mencari restoran cepat saji sesuai selera, tapi lagi2 kami enggan ntar ga bisa menikmati suasana makan bareng 1000 blogger lainnya.
Tiba saat makan siang, trnyata msti bawa tanda peserta untuk bukti pengambilan makanan, hal yang aneh bagi lilis, ga percayaan banget panitia dgan para peserta, asyiknya jadi ada seni tersendiri mengantri makananan + menikmatinya di tengah 1000 blogger. Usai istirahat adalah saatnya pembicara dari XL, Penn Olson, Blibli.com, industri digital, bergantian memaparkan materi masing2. Jujur bagi lilis ga bgitu menarik materinya, materi tsb trlalu berorientasi mengejar materi, ga begitu paham juga lilis. Tapi tetep aja lilis duduk manis hingga acara usai coz aura bn2011 yang beda membuat enggan tuk beranjak. Klo ga salah inget ada ishoma di sela2nya ada satu kotak kue lagi. Acara usai jam 5 an, dan antri mandi + colokan di gor kembali terjadi. Malam harinya ada acara mimbar bebas, awalnya lilis juga ga tau itu acara ngapain, stlah makan malam usai, acara tsb di mulai, di pandu lutfi blogger jogja, acara berlangsung, blogger laki2 yang pertama ngisi mimbar bebas *ga ingat nama + asalnya* kata mc blogger boleh berbagi apa aja, makanya mski dgn malu + ragu akhirnya lilis memutuskan ikut berbagi, malu bgt kalo ingat saat itu, kosakata lilis belibet, alur ceritanya ga teratur, sound systemnya ga ok jd rada samar2 suara lilis. Saat itu lilis ga mikir tanggapan blogger lainnya. Yang jelas lilis berusaha untuk meramaikan mimbar bebas. Stelah lilis tampil msh byk lagi penampil lainnya, tapi yang paling berkesan adalah saat karel anderson dari blogdetik tampil. Gila abis gaya + critanya, lilis udah lama kenal blognya dan baca postingannya, tapi ga pernah nyangka jika aslinya segila itu kelakuannya. Ada juga kuis dari XL berhadiah bantal tp lilis hanya bisa gigit jari coz yang berhasil dapet si nhie + blogger lainnya, dan juga kuis dari IDBN brhadiah jobreviw tp lilis ga tertarik mengikutinya. Hari ini memberikan kebahagian trsendiri karena ktmu untuk kali ketiga dgn rara, kali kedua dengan nhie, ntans, ipul_ *anak2 AM*, bunda julie, yulianbjm + anak2 kayuh baimbai dan blogger2 lainnya. *ga cukup jika di sebut satu persatu* secara keseluruhan acara hari ini sukses mski masih ada di sana sini yang tidak sejalan *pandangan tiap individu berbeda*

sisi positif hari ini : target 1000 orang hadir terlampaui *ga yakin bener2 blogger asli* lilis berani berucap kerana rata2 stiap kursi di ruangan ada isinya smua.
Sisi negatif di mata lilis : jika ga ada jatah sarapan harusnya panitia menginformasikan lebih awal ke peserta, *ga hanya grup lilis trnyata yg blm sarapan pagi tadi* jangan terlalu kaku dgn sistem bagi2 makanan, dari pada nasi + kue berlebih dan di bw kembali ke gor lebih baik di sumbangkan ke panti asuhan bgitu jam makan usai, agar ga basi dan terbuang percuma, di bawa ke Gor juga sia2 kerana panitia ga memberitaukan penghuni gor bahwa makanan tsb bisa di ambil bagi yang berminat. Ini hari resmi bn2011 tapi panitia tetap ga mengadakan perkenalan / minimal memberikan info jumlah panitia inti/volenter dan bagian2 apa aja jd qta tau msti mencari siapa jika qta perlu info,dan apa ciri khas antar mereka, jujur sulit banget membedakan panitia dan tugas yang di embannya, harusnya kan antar panitia ada ciri khas khususnya. BN2011 dimulai tepat tgl 28 di mana tgl 28 adalah hari sumpah pemuda, tapi knapa ga ada nuansa yang kental tentang peringatan hari tsb? Hanya segelintir orang yang di pilih untuk tabur bunga di makam pahlawan, dan tidak ada lagi kegiatan di aula yang mencerminkan tentang sumpah pemuda. Awalnya lilis pikir akan ada kegiatan yang lebih dari skedar tabur bunga.

Tulisan spanjang ini adalah pendapat pribadi lilis tentang bn2011 di tanggal 27 – 28, bukan di tujukan untuk mendeskriditkan pihak tertentu, tapi agar pelaksananan yang akan datang panitianya bisa lebih memperhatikan hal2 kecil tsb. Terima kasih panitia bn2011 atas kerja keras kalian acara hari ini terlaksana * crita bn2011 tgl 29 – 30 msh dlm proses*

Advertisements

3 +

October 13, 2011

mendung menggantung
menghalang mentari menghantar cahya
ada kala …
jalinan kata tak lagi menawan
pupus kata di ujung jalan
terkubur dalam kebisuan
terrendam keriuhan
berkurangnya jatah hidup
dekatkan diri ke hadiratNYA


Indahnya Kebersamaan

March 26, 2011

qta adalah pribadi yang merdeka,

tapi bukan berarti bebas berbuat apa saja,

ada aturan dan etika yang membatasi qta.

qta hidup pasti perlu bersosialisasi,

tak elok rasanya jika hidup egois tanpa mau berbagi bersama,

tanpa mendengarkan petuah sekeliling

kritikan bukan untuk lahirkan kebencian

qta di sini adalah satu keluarga

keluarga dalam satu naungan

ikatan keluarga tak hanya terbatas garis darah

ikatan keluarga ada dalam lingkungan kerja

sekian tahun kebersamaan terjalin dalam keluarga besar tempat mengabdikan diri

suka..

duka..

tawa dan canda di lewati bersama

meski terkadang

sering ada perbedaan pendapat

sering ada pertentangan dalam berbagai hal

tapi …

selalu kebersamaan atas nama keluarga besar tempat menjalankan tugas profesi mampu melebur perbedaan

menjadikan seia sekata dalam kebersamaan

sekian tahun qta bersama dalam alunan kehidupan ritme kerja

ada banyak kritik bertebaran

bukan berarti banyak permusuhan

tapi itu kritik untuk kebaikan

ada kala pertengkaran

tapi slalu berakhir dalam jabat erat perdamaian

ada berbagai angkatan dalam keluarga ini

angkatan yang tak 100 % sama dalam pola pikir

tak kurang dari 5 tahun kebersamaan berjalan

semua berjalan dalam kebersaman

berbagi cerita

berbagi kisah

berbagi uneg-uneg

masih lekat di ingatan tawa canda qta bersma

saat bersama anak menilai hasil karyanya

dan menikmatinya di ruang kelas ataupun di ruang kerja

ah… senyum ceria dan kekompakaan itu kini nyaris memudar

dulu…

qta selamu berbagi tanpa ada iri dan dengki

tanpa ada kecurangan

apa yang disajikan

apa yang terlihat

itulah yang qta nikmati bersama

tapi… kini…

kebersamaan itu sedikit memudar

oleh keegoisan segelintir orang

rasa egois menguasai

rasa memiliki merajai hati

membuta nurani untuk berbagi

ah…

aq kecewa dengan nurani yang membuta

aq kecewa dengan pola pikir yang terkontaminasi

5 tahun bersama rekan2 seprofesi

5 tahun tanpa kamuflase

hari ini mata aq terbuka

hari ini aq menyadari 1 hal

ajakan kebaikan tak selalu di tanggapi baik

hari ini aq pun menyadari satu hal

aq menikmati makan bersama rekan2 kerja dalam 1 piring makanan yang aq bawa

aq melihat ekspresi ceria saat aq bagikan pisang hijau yang aq bawakan

yang bisa di bagi pasti di bagikan

indahnya kebersamaan

merajut jalinan silaturahmi bersama rekan seprofesi

tanpa ingin menyembunyikan hal yang tak layak di sembunyikan

indahnya kebersamaan

menikmati semuanya dengan bersama

berbagi semuanya secara suka rela

qta harusnya sadar diri

dimana posisi qta

tak selamanya pengkotakan senior / pun junior terkesan negatif

kesenioran dalam hal tertentu haruslah di hargai

kejunioran dalam hal tertentu tetaplah di hargai

untuk yang junior..

jangan menutup mata untuk mengakui

jika senior memang ada kala lebih baik

untuk yang senior ..

jangan me nutup mata jika ada junior yang salah arah

rangkul dan arahkan dengan sebaiknya

jangan menjerumuskan dalam kesesatan

untuk junior…

dan jika yang senior ada yang salah arah

ingatkan lah untuk kembali ke arah yang lurus

membangun kebersamaan tak cukup dalam waktu sehari dua hari

setiap saat qta mesti menjaga kebersamaan dan tali silaturahmi

indahnya kebersamaan akan menjadikan dinamika ritme kerja semakin berwarna


kAgum q

March 7, 2011

aq mengagumi karya-karyanya
aq mengagumi setiap bait ucapnya
aq mengagumi semua hal tentangnya
tulisannya
ulasan-ulasannya
…meski kadang aq ga ngerti
selalu menarik q
untuk terus mengikuti tiap kalimatnya
mengagumi
dan
hanya mengagumi
dulu
kini
esok
dan masa hadapan
kekaguman tak lekang waktu


sedikit kisah

February 28, 2011

ada banyak pelangi di kerjaan aq
ada banyak persepsi di kerjaan
ada banyak kepala di kerjaan
otomatis ada banyak pemikiran
semua pernah mengenyam tingkat pendidikan
semua tak lagi belia

beda pemikiran bukan hal tabu
aq malu jika aq tak ikuti aturan
aq malu jika aq ninggalin jam ngajar aq
aq takut padaNya
aq takut akan murkaNYA
DIAlah sang pemilik jiwa aq
DIALAH ALLAH dalam agama aq

aq takut dengan konsekuensi gaji aq
aq takut dengan konsekuensi profesi aq
jika aq tak melaksanakan tanggung jawab aq
setiap rupiah yang aq terima
terikat janji kewajiban tuk menjalankan kewajiban profesi aq

tak hanya mengajar
tak hanya mendidik
lebih dari sekedar itu semua
guru…
adalah panutan setiap murid-muridnya
guru adalah profesi mulia
guru tak kan lepas dari hisab akhirat

guru…
ini pofesi aq
ini nadi pundi2 hidup aq dan rekan2 seprofesi
ada jabatan di kehidupan kerjaan aq
tak melulu guru mata pelajaran
tak hanya wali kelas
tapi juga ada jabatan wakil kepala sekolah
jabatan…
bukan hanya sekedar formalitas
tapi banyak tanggung jawab di dalamnya

qta bukan lagi kanak-kanak
tak perlu merajuk
ataupun mendendam
jika qta di ingatkan
perbedaan prinsip bukan alasan
perbedaan pandangan bukan alasan
tuk qta saling berjauh2han
tuk qta saling berdiam

mari tanya isi hati
mari renungkan diri
mari intropeksi diri
sebelum saling membenci
sebelum saling mencaci

jika qta sesuci embun pagi
jika qta sesuci bayi baru lahir
jika qta 100 % tak salah
bolehlah berbangga diri di hadapaNYa
DIA ALLAH di agama aq

aq bukan pecundang
aq tak suka menjilat
jika aq tak suka
aq pasti bicara dengan lantang
sepanjang itu adalah fakta dan kenyataan

malu aq jika mengada-ada
malu aq jika berdusta
pantang bagi aq bicara tanpa fakta

ini profesi aq
ini dunia kerja aq
di sini masa depan anak murid aq berada
untuk di asah dan di asuh

aq adalah aq
aq dengan segala cara aq
tuk menjadikan pendidikan yang di amanahkan ke aq menjadi lebih baik

aq mencintai profesi aq
aq mencintai kerjaan aq
aq menghargai rekan2 kerja aq dengan cara aq
menyentuh lembut
mengingatkan jika ada yang berbelok
begitupun aq jika tak lurus
ingatkanlah aq
dengan aturan dan sesuai jalur

mari qta songsong masa depan pendidikan menjandi lebih cemerlang


menggelandang *mewujud mimpimanisq-jkt*

February 2, 2011

mimpi manis q
bukan sekedar mimpi
bukan sekedar kata
setiap mimpi manis yang aq ucap dan tulis
aq pasti berusaha tuk mewujudkannya
mimpi manis tentang si kumis bawah enda, tlah terwujud meski bertahun2 u/ menjadikannya nyata
mimpi manis tentang teman2 dunia kata
satu persatu pun terwujud
dan mimpi manis tentang rute jakarta – bandung- jogyakarta – surabaya *bonus bogor*
tlah jua aq wujudkan dengan segudang cerita mengiringi
berawal dari mimpi
berawal dari twit
aq mulai langkah
aq buat tret di kampung
aq tanya beberapa hal

24 Desember 2010
aq mulai perjalanan bareng ning adik aq
awalnya aq mau ke bandung dulu baru jakarta
berkat saran dari nitasellya + yulian aq singgah dulu ke jakarta
ini kali pertama aq ke jakarta sendirian
bermodal rute dari kawan si bungsu *adek lelaki q*
dan rute yang pernah aq baca dari kampung gadjah *ingat2 lupa*
dengan was2 aq mulai perjalanan *rute aq print*
jam 4 an lewat aq nyampe CGK, bersyukur ga pas magrib biasanya kalo delay pas magrib baru nyampe.
dari bandara langsung beli tiket damri arah rawamangun, 2 kali bis dateng dan penuh semua, 30 menit lebih menunggu bis ketiga muncul dan langsung ikut berebutan naik bis, meski ga dapet t4 duduk nekad aja aq. ga mau turun dari pada nunggu lebih lama lagi, hari menjelang malam dan aq buta pengalaman tentang jakarta.
selain aq + ning ada juga beberapa orang yang berdiri, bis terus melaju, satu persatu ada yang turun tapi tetep aq ga kebagian t4 duduk, aq berdiri sambil bersandar dikit ke besi kotak tempat penyimpanan tas di depan kiri pojok bareng 1 cowok asing, ning duduk dekat pintu masuk bareng kondektur *tiap ada yg turun ning berdiri* rata2 yang naik bis tsb cowok tapi ga ada satupun yang nawarin t4 duduknya untuk aq / ning.aq pikir terminal rawamangun tuch deket tapi ternyata jauh juga, cape aq berdiri, pegel tangan aq bergelantungan.aq pun sempat di tegur penumpang karna tanpa sadar duduk di tumpukan tas dalam kotak.
mentari tak lagi terlihat, kiri kanan udah gelap baru lah aq nyampae di terminal rawamangun, bersyukur metromini orange 3/4 no 46 langsung ada jadi begitu turun dari bis aq bisa langsung melanjut ke perjalanan berikutnya. aq uda lelah banget, kepala aq pusing tapi metromininya masih asyik ngetem dan begitu jalan merambat bak keong kerana padatnya lalu lintas. saat di metrominilah aq baru bisa duduk setelah sekian lama berdiri di bis, kepala makin pening tapi t4 tujuan tak juga keliatan, sepanjang perjalanan aq selalu melirik print2nan rute agar ga salah arah dan memandang sekeliling. halte busway Genjing adalah pemberhentian terakhir sesuai rute,sampai juga akhirnya aq di t4 nginep *hotel puri mega pramuka* yang udah di pesenin ma temen si bungsu, berhubung akhir tahun jadi hampir semua kamar nyaris penuh, bersyukur masih ada yg tersisa untuk aq + ning.


istirahat bentar, mandi lalu aq + ning mutusin untuk menikmati malam jakarta, menyantap nasi kucing di taman pramuka dan menikmati suasana jkt, kerana bis transjakarta masih beroperasi maka aq ajak ning naik bis dan melihat pemandangan jakarta dari dalam bis ajah, aq singgah bentar ke lotte mart *ga inget daerah mana* yang searah dengan jalur busway jadi aq ga bakalan nyasar. kerana udah jam 9 ke atas jadi aq buru2 ngejar busway lagi kwatir ga kebagian jadi terlunta2 ntar aq di jalan mo naik taksi pasti mahal dan kwatir klo kena tipu ntr malah di puter2in ga tentu arah. jam 10 malam kurang dikit aq udh nyampe ke halte busway pasar genjing lagi, sebelum balik ke hotel aq nyempetin beli durian di bawah ujung jembatan. malam pertama di jakarta ga banyak t4 yang bisa aq kunjungi kerana keterbatasan transportasi.

25 Desember 2010
pagi pertama di jakarta aq buka dengan sarapan di pasar menikmati semangkuk soto madura di pinggir jalan sekitar pasar, sampai pagi ini aq masih belum punya info rute terbaru t4 yang akan aq kunjungi, salah satu mimpi manis aq ke jakarta adalah untuk aq bisa tau langsat itu di mana, daeng memang yang ke sohor di kampung itu gimana rasanya dan tentunya aq bisa ketemu dengan beberapa kawan dunia kata, aq udah beberapa kali mention + DM nanya rute tsb ke yulian + si kumis bawah enda tapi ga ada jawaban *mungkin mereka sibuk*, aq nanya ke si kumis bawah kerana kali pertama ketemu dia cerita tentang langsat + lokasinya, tanya ke yulian kerana dia ngasih saran mampir ke jkt jd aq pikir dia bisa membantu ngasih rute. saat itu aq ga tau mesti nanya ke siapa lagi, yang aq ingat ya hanya 2 orang tsb, mau nanya ke kampung ga mungkin coz buka gmail di hape aq sulit, mau mention ke warga yang lain aq ga ingat sapa ajah yang ada di jakarta.
bucin + chibialay yang tempo hari ngajak ketemuan pas aq di jkt juga ga bisa ketemu kerana si chibialay lagi di luar kota dan si bucin bisanya usai acara sepeda santai, aq nya yang ga bisa coz saat itu aq udh mesti ke rute lain.
tujuan pertama aq hari ini adalah TMII
berbekal rute yang ada dan tanya dengan beberapa orang yang di temui di jalan nyampe juga aq di TMII *busway pasar genjing-PGC, naik angkot merah ke TMII* jalan kaki deh dari pintu gerbang utama hingga TMII kerana masih pagi ga ada mobil yang untuk keliling2 TMII jadi aq jalan2 kaki muter2 TMII semampu kaki melangkah sampai mobilnya mulai beroperasi jam 9 nan. ga banyak t4 yang aq kunjungin kerana keterbatasan waktu aq mesti berpindah ke daerah lain.yang jelas aq udah berkunjung ke TMII.
Rute selanjutnya adalah Ancol
kali ini aq salah naik angkot, salah jurusan, salah menerjemahkan rute padahal udah bertanya ke pak polisi, dari TMII aq mau ke PGC lagi eh salah naik angkot akhirnya muter2 beberapa waktu untuk nyari jalur angkot yang ke PGC. dari PGC berbis trasnjakarta ke Ancol. karena hari libur mulai dari halte busway PGC -ancol antriannya panjang banget bikin aq pusing, tapi apa mau di kata mumpung di jakarta aq mesti gunain waktu sebaik2nya. ke ancol sudah kali ke dua ini *dulu sendiri, modal nekad* dan kali ini aq + ning memilih ke Dufan pengen mencoba wahana2 yang ada yang sering aq lihat di tv. sepertinya asyik gitu aq jadi pengen ngerasaaiinya, melihat antrian yang banyak aq hampir ga jadi beli tiketnya, tapi lagi2 rasa penasaran mendorong aq untuk sabar ngantri, begitu udah dapat tiket dan tangan udah di cap aq + ning langsung mutusin untuk mencari wahana2 kayak di tv. di semua wahana antriannya begitu panjang, ning milih untuk naik yang mirip kereta yang relnya berbelok2 naik turun *ga inget namanya* 3 jam aq + ning antri, kepanasan, berdesakan, pusing tapi demi naik wahana semua itu di kuat2in. akhirnya saat yang di nantipun tiba aq + ning naik wahana tsb, baru naik enjoy tapi pas mulai meluncur kebawah dan mengikuti jalur kereta, aq ga berani buka mata, kepala aq pusing, aq takut, jantung aq rasa mau copot, panas dingin dech ini badan,hanya beberapa detik tapi mampu membuat aq deg-degan ga karuan. turun dari wahana tsb kepala ini makin pusing. ning nyesel milih wahana ini dan kapok ga akan lagi naik. batal juga naik histeria dan tornado melihatnya aja udah ngeri, kami sadar kami ga cocok naik tsb. wahana selanjutnya yang akan kami coba adalah ontang-anting tapi begitu melihat saat wahana tsb di mainkan aq + ning langsung keluar dari antrian melompat pagar, kepala ini jadi makin pusing ga sanggup melihat wahana tsb.
semua wahana udah aq lihat lagsung meski dari jarak ga begitu dekat dan aq baca di selebarannya. dari situ aq simpulkan semua wahana ga cocok untuk aq, aq ga berani mencoba melihatnya aja udh pusing, ada satu wahana yang pengen aq coba istana boneka tapi bejibunnya yang antri membuat aq males ikutan ngantri lagi.
ning milih istirahat kepalanya masih memusing, aq dengan menguatkan diri berkeliling sekali lagi melihat2 wahana yang kira2 aq mampu untuk menikmatinya.
akhirnya aq mencoba rumah miring + rumah yang banyak cerminnya dan yang terakhir aq antri 3 jam hanya untuk nonton film yang kursinya goyang2, demi mengobati rasa keingintahuan aq lakukuan hal tsb, pikir aq ga mungkin aq pusing dan ga sanggup mencoba. tapi bener kata ning pasti aq pusing juga ntar. makanya td ning ga mau ikutan nonton. ning masih pusing dan ogah nyoba2 wahana lagi. aq pun nyesel telah nyoba nonton film dgn kursi goyang2 tsb kerana pusing di kepala aq jadi makin menjadi2.
kesimpulan aq setelah ke dufan
1. aq ga cocok naik wahana2 yang ada di DUFAN
2. aq ga bisa ngalahin rasa takut aq dengan ketinggian terhadap wahana di DUFAN
3. jangan berkunjung ke dufan di hari libur, kerana bakalan merana *antri + berdesak2an*
jelang operasi bis transjakarta berakhir dari ancol kami buru2 ngejar bisnya *tepat usai aq keluar dari ntn film yg kursinya goyang2*
jadi seharian di dufan udah bayar tiket 150 k per orang ning hanya naik 1 wahana, aq hanya 2 wahana semua itu karena kami ga cocok dengan wahana2 tersebut. dan ga akan dua kali kami berkunjung karena setiap melihat wahana tsb kepala aq langsung pusing. rute perjalanan hari ini hanya TMII dan Ancol, ditutup dengan bebek goreng di ujung jalan taman pramuka aq akhiri perjalanan hari ini.

26 Desember 2010
hari ke dua di jakarta
adalah hari terakhir kerana aq mesti melanjutkan ke bandung, jadi aq mesti memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.
setelah menimbang dan memikir aq putuskan bahwa pagi ini juga langsung ninggalin hotel, demi efisien waktu dan ga bolak-balik ke hotel,smua tas2 langsung aq bawa.bersyukur aq udh print rute *dibuatin temen si bungsu* jadi ga buta arah sma sekali. rute kali ini ke museum mandiri, museum BI, kota tua , monas. lagi2 bis transjakrta adalah transportasi yang aq andelin untuk menjangkau semua t4 tujuan aq.

dari awal aq udah tau klo di bawah jam 9 museum belum buka tapi kerana waktu yang mepet bgt, tetep aja aq mampir untuk sekedar menginjakkan kaki di area museum dan jepret2 dikit. di kota tua pun aq hanya keliling di beberapa bagian aja dan ga pake lama, di benak aq udah mikir rute ke monas dan ke bandung. keliling2 di kota tua merupakan hal baru bagi aq, meski dulu aq pernah sekali ke kota tua tapi hanya sampai gedung pertama di ujung jalan dekat museum. aq suka, aq bisa lebih lama menikmati suasana kota tua yang slama ini aq liat di tv. dan aq baru tau kota tua ga bersih2 amat ternyata banyak juga sampah2 bertebaran.
puas menikmati suasana kota tua aq melanjut ke monas, tgl 26 adalah hari minggu hari libur dan untuk kali pertama juga aq bisa ngeliat car fre daynya jkt, ngeliat siomay yo pink dari bis transjakarta dan merasakan antri berdesak2kan demi naik transjakarta. dari halte busway pasar genjing- ke halte stasiun kota ga begitu antri, tapi dari stasiun kota ke arah monas antrinya lumayan panjang. minggu pagi suasana ga begitu bersahabat langit mendung, nyampe di monas pas hujan, dari pintu gerbang ke monas gerimis, aq terus melangkah ga peduli gerimis nanggung mo balik. saat itu bertepatan dengan kegiatan sepeda santai jadi monas ramai oleh orang2 yang bersepeda dan juga mengunjungi monas. basah kuyup aq, ga da t4 untuk berteduh, bersama orang2 aq ikutan memutari monas untuk mencari pintu masuk ke menara, tapi apa mau di kata kerana begitu banyaknya peminat semua pintu masuk di kunci, aq mau nekat ajah manjat tapi urug coz ning ngelarang licin kwatir aq terjatuh dan kena besi pagar.kecewa sih udah jauh2 datang ga bisa naik ke menara hanya bisa menatap dari kejauhan. menikmati segelas jahe gratisan mampu mengusir dingin dan sepiring pecel khas monas, tak lupa aq ikut periksa gratis tekanan darah yang di adain mahasiswa. hasilnya aq baik2 aja *ga ingat berapa per berapa*

selain langsat + daeng memang t4 yang pengen aq kunjungi adalah kantor detik.com, perjuangan dari monas ke kantor detik.com merana banget. udah antri bisnya luar biasa padat, eh keujanan juga. dari halte busway sekitar monas ke kantor detik berebut dgn orang yg mau ke kebun binatang ragunan. di halte transit matraman antrianya luar biasa mulai dari jembatan paling atas, kurang lebih 45 menitan antri dan berdesak2 an sampai bisa naik bis. tujuan aq adalah kantor detik, info dari si fanabis ga lengkap jadi aq perlu berkali2 DM untuk tau letak kantornya. si fanabis udh bilang klo kantor di hari minggu sepi.niat berkunjung aq tak surut, ga ketemu dengan orang2 detik ga pp yg jelas aq udh pernah mampir mumpung di jakarta. aq juga inget DM fanabis kalo dia bisa ketemuan diantara jam 11 an – jam 3 an, sambil nunggu info lebih lanjut aq istrihat di sekitar jembatan buncit. DM jawaban fanabis lama, aq keburu keujanan baru tau alamat persis kantor detik. di tengah hujan yang menggila aq nekad aja menerabasnya. dan bener2 sunyi kantornya. aq nyaris ga yakin kalo ini kantor detik, hampir aq balik arah, aq urungkan saat aq liat seorang perempuan duduk di depan kantor lagi makan siang. aq sapa dan tanya beberapa hal barulah aq yakin kalo aq ga salah kantor. ada beberapa orang saat itu tapi yg paling ramah hanya mbak2 tsb dan 1 cowok yg nyalain lampu pas aq minta inzin untuk jepret2 dikit. berkat mbak neno (ninik s) aq jadi punya rute dari kantor detik ke stasiun terdekat. kerana hujan ga ada tanda2 berhenti aq mohon diri dgn mbak neno dan nunggu metromini orange no 75 lewat. hujan ga reda2 jadi aq nunggu di dekat rumah makan tepat di depan gedung aldevco di deket2 payung t4 tukang parkir.
dari pasar minggu menuju stasiun hujan ga reda2, bertanya2 sana sini nyampe juga aq di stasiun, pakaian aq basah semua, dengan menahan dingin aq nunggu kereta datang sambil mikir rute yang akan aq jalani. rute yang aq print dari stasiun kota – bogor, bogor – bandung ga punya. dalam hati aq was2 tapi aq nekad aja aq yakin bermodal kemauan dan bertanya aq pasti nyampe tujuan. aq ga tau stasiun apa yg akan aq kunjungi klo naik metromini 75, rute aq udah kacau arahnya aq bingung, ga mungkin aq ke stasiun kota lagi untuk ke bogor.
sambil nunggu metromini aq berpikir, apa mesti aq ke bandung langsung / mampir bogor dulu, naik apa aq ke bandung? kemana mesti beli tiket? naik Xtrans lagi / gimana, aq bingung saat itu, tp ga mungkin cerita ke ning. nitaselliya udh berkali2 nanya kapan aq ke bandung, aq bilang ntar aq kabari lagi. karna aq masih menimbang dan memikir. target aq tgl 27 pagi aq udh di bandung, jadi hari ini aq mesti ngunjungin tempat yang lain. berbekal info dari mbak neno detik.com dan pengennya aq ke bogor, maka aq memutuskan mencoba ke bogor dengan minim info tanpa aq memberitau nitasellya, pas di tanya aq slalu bilang masih di jkt, aq ga mau ngerepotin nita lagi untuk nanya2 info daerah yang akan aq kunjungin. aq juga ga nanya ke warga siapa aja yang ada di bogor yang bisa aq mintain info dan ajak ketemuan, kerna aq tau pasti saatnya ga tepat, hari libur pasti pada berkumpul bareng keluarga jadi ga bisa di mintaiin info.
jakarta… akhirnya aku bisa mewujudkan mimpi manis aq meski ga semuanya
aq gagal ke langsat + daeng memang + nasi goreng lalan
aq ga satupun ke temu temen dunia kata yang aq kenal
aq sadar mungkin waktunya yang ga tepat
trims nitasellya, yulian, fanabis, indahjulie untuk info2nya dan DMnya untuk rute mewujud mimpi manis aq di jakarta
perjalanan kali ini sengaja aq beri judul posting menggelandang
kerana yang aq rasakan saat itu bak orang asing di tempat asing
yang serba meraba2 jika mau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain
jakarta memang indah dan rame gedung2nya
jakarta memang tak pernah tidur
selalu ada geliat kehidupan di poko2 kotanya
tapi aq ga akan sanggup jika mesti berdomisili untuk selamanya
aq ga sanggup dengan macetnya
aq ga sanggup dengan polusinya
intinya ga cocok tinggal di jakarta
meski begitu aq ga akan kapok untuk berlibur ke jakarta dan mengunjungi obyek wisata lainnya
dan untuk ketemu temen2 dunia kata jika memungkinkan

*rute bogor, bandung, jogya, solo dan surabaya menyusul di posting, dan di surabaya aq bener2 menggelandang dalam arti yg sebenarnya*


kacamata dan kupluk *jilid 4 bagian b*

December 12, 2010

setelah lama mengingat
setelah lama bertanya ke orangnya langsung via DM untuk mastiin lilis ga salah orang
akhirnya bisa juga lilis mulai nulis jilid 4 bagian b ini
jilid wajah2 nyata yang lilis temui di pb2010

hasant..
hasan pake t begitu aq sering yebut *sama dgn didat pake s*
aq kenal sosok yang satu ini hanya di kampung gadjah
namanya familiar di mata aq karena di tret yang ada sering muncul
asli aq ga ingat seperti apa wajah hasant *bukan bermaksud ga sopan panggil nama*
aq udah berteman dgn hasant di fb
tapi ga ingat aq bagaimana rupa wajahnya
aq jarang memperhatikan pic2 yang ada di fb
hanya namanya yang paling familiar di mata aq
hasant…
ga nyangka banget aq bisa ketemu dengannya
jilid 4 adalah posting khusus yang aq tulis sebagai penghargaan betapa aq menghargai teman
setiap teman dunia kata yang telah aq temuin akan aq tulis di jilid 4
rangkaian kata untuk hasant udah aq siapin lama
tapi gegara aq belum dapat izin masalah pic
jadi tertunda mulu dech apdet blognya.
tak mudah mendapatkan jawaban iya…
malam-malam aq DM
minta izin untuk pic nya
aq tunggu lama tak juga ada balesan DM
esok harinya aq cek lagi, tetep aja tak da DM
tengah hari aq cek lagi, tetep aja tak ada balesan
aq pikir hasant pasti sibuk banget
DM aq ga kebaca
tapi… pas aq ngecek TL
aq liat twitt hasant yang baru beberapa menit
oh.. berarti di ga sibuk, buktinya sempat ngetwit
berarti juga dia udah baca DM aq
langsung dech aq ngetwit :
twitt 1 : akan skali lagi bertanya agar ga lg penasaran
twitt 2 : ups… agar segera bisa melanjut jilid 4 *bagian b*
tak lama berselang setelah twitt tsb, eh di jawab DM aq oleh hasant : silahkan *itu jawabnya*

barusan tadi pas aq buat tred di kampung hasant reply
ini kalimatnya : Hehehe mantap. Soal dm itu sebenarnya langsung riple tapi gagal mulu karena soal koneksi.
*kok ga coment sekalin ya di posting ini*

dan aq langsung nyisipin pic berkacamata hitam tersebut di atas dalam postingan aq ini
maunya sih akan aq pasang juga pic "TOP GAN" nya …. *sama2 berkacamata item*
ah.. ga berani minta izinnya
ga inget itu hasil karya siapa dan tetep ga berani minta izin
dan lilis ga berani masang di sini, takut kualat 🙂

untuk melengkap info tentang hasant aq telusuri juga blognya di wordpress *ga bs ngelinknya*
dan aq baca tulisannya tertanggal 2 nopember 2008 tentang 10 hal mengenai hasant
ini tulisan hasant point no 2 yang aq copy dari blognya hasant

"Sepertinya saya seorang pelupa yang akut. Orang yang baru saya kenal, apalagi kalau hanya berbincang sebentar, biasanya akan terlupa namanya lima menit setelah berpisah. Jarang sekali saya bisa mengingat mimpi beberapa menit setelah saya terbangun, hanya ingat bahwa saya mimpi.Saya juga sering lupa hal-hal yang harus saya kerjakan, jadi saya menggunakan fitur pengingat di HP. Masalahnya, saya sering lupa mengisi kalender."

aq baru tau hal tersebut
dan aq jadi ga minder2 amat akhirnya
kerana kenal dengan orang yang ternyata juga seorang pelupa
selama ini aq minder kerana penyakit lupa ingat ini
aq malu kerana ga bisa mengingat nama dan wajah orang2 yang telah aq temuin di pb2010
aq khawatir banget klo di bilang ga menghargai orang *gegara lupa nama+wajahnya*
demi penghargaan aq ke mereka
aq matian2 ngumpulin info tentang semua orang yang telah aq jumpai
dan kali ini aq siapin posting ini untuk hasan pake t
10 hal tentang hasan di blognya membuat aq punya info tentangnya
*berharap ga lupa*

aq ga ingat bagaimana aq awal ketemu hasant pas di pb2010
ga ingat siapa yang ngenalin ke aq
yang aq ingat hasant ga langsing
rambutnya ga banyak
tapi ramah banget ga pelit bicara *keinget si kumis bawah kali pertama ketemu*
yang aq sesali kok ya aq ga punya foto bareng dengan hasant
di pb2010 pertama aq ketemu hasant
saat di pb2010
aq pandang2…
dari ujung kaki – nyampe ujung kepala
maksud hati agar aq ingat
tapi beberapa menit setelahnya aq lupa lagi klo ini hasant
nyaris aq tertukar ingatan antara hasant & risiyanto
2 orang ini membuat aq bingung pas pb2010
tapi aq diem aja, ga nanya2 lagi ke warga coz… udh sering nanya
perlu waktu cukup lama untuk aq mampu ingat wajah + nama hasant pake t dan risiyanto
satu kesamaan di antara mereka adalah keramahan dan senyum tulusnya

risiyanto… pak erte demikan warga menyebutnya *klo ga salah ingat*
pertama ketemu di pb2010
saat aq lagi jaga tas warga yang lagi pada tugas
aq lupa apa ucapan awalnya
tapi aq ingat inti pembicaraan saat itu
pak erte sempet cerita
klo dulu sempat ga percaya klo aq ini bener2 ada
gegara di kampung aq selalu ngomongin enda *ngefans dllnya*
pak erte bilang aq ini paling ga nyata, paling2 kerjaan enda aja *klo ga salah ingat*
kenapa dia berfikir begitu kerana saat itu lagi heboh2nya tentang blogger yang meninggal *lupa siapa*
blogger yang sempat membuat gempar dech
seingat aq blogger yang ga tau kebenarannya *lupa ceritanya*
pak erte nanya aq dari bandung ya? tinggal di bandung ya?
ya ampun…. *aq teriak dalam hati*
lho kok pak erte ga tau aq dari mana? katanya pejabat kampung gadjah kok ga mengenal warganya dgn baik sich, aq kan dari palangka raya, kalimantan tengah 🙂
warga kan banyak… kata pak erte
iya… *tadi juga bercanda, aq kan bukan warga yang berkeahlian khusus jd ga msti di inget*
pak erte….
sebeneranya kenapa sich si kumis lele ga muncul lagi di kampung
ada masalah apa sich? lilis hingga kini ga begitu ngerti alesannya
pak erte cerita, ini seingat aq aja lho
si kumis lele ga muncul lagi karena ada sesuatu….. *lupa lanjutannya, tp inget inti nya*
yang pasti andai ntar pak erte ketemu langsung dengan si kumis lele
pasti akan pak erte ajak untuk kembali gabung di kampung gadjah
kalo lilis mau ngobrol dgn si kumis lele dia ada di….*lupa namanya* jadi admin di sana
aq ngangguk2 aja, ga ah… ga berani kata q
pak erte… kenapa sich sekarang kok banyak nama2 yang aneh di kampung
kok ga kayak dulu….
gimana pak erte ngebedaiinya? klo lilis sich pusing dan sering lupa
lilis yang paling ingat ya si kumis bawah + bunda endhoot dan beberapa nama yang dari dulu ga ganti2
pak erte : paling aq merhatiin dari gaya tulisannya, gaya ngomongnya,ciri khasnya dech klo orang posting, dari situ aku bisa tau, oo… ini akun si a, oo ini akun si b…
dan lilis juga inget saat itu pak erte bersedia ngebantu menjaga tas saat lilis mo ke toilet
pak erte pas ketemu pertama dgn lilis pak erte berkupluk *pokoknya berpenutup kepala*
dan aq baru inget pak erte ternyata berkumis bawah tipis
aslinya pak erte ternyata lembut dan gaya bicaranya bak orang keraton
begitu tertata dan ga grusa-grusu, sering senyum pula
satu hal yang juga aq sesali kok ya aq ga punya pic berdua dengan petinggi kampung gadjah
eh… klo ga salah ingat pas pb2010 aq sempat dech foto bertiga dengan pak erte dan ivo setyadi tepat di depan panggung di tengah keramaian pembukaan pb2010, tapi aq lupa siapa orang yang lilis minta tolong moto saat itu. aq udah berusaha nelusuri fb, dan nanya dengan adam sundana, tapi adam bukan orang yang moto katanya, mau nanya ke kampung, tapi masih mikir nyusun pertanyaannya…
pak erte… lilis akan ke surabaya karena pengen sekali lagi ngobrol dengan pak erte
dan pengen nanya sejauh mana pak erte mengetahui warganya 🙂
sekalin mau nanya juga warga yang di surabaya seberapa dekatnya dengan pak erte
dan tentunya pertanyaan2 lainnya yang akan lebih enak klo ditanyaain langsung

yang q suka dari pic ini adalah lirikan mata si kumis bawah
gaya hasan pake t dan kaca mata mautnya
rambut indahnya deden yang bak iklan shampo
*sudut pandang versi lilis*

*jilid 4 bagian c akan segera menyusul*